Review Lengkap HSF Low Profile dari ID-Cooling IS-65 beserta Fan RGB ID-Cooling SF-12025: Bisa Mendinginkan Dompet

Min tolong kasih rekomendasi dong, HSF tipe Low Profile yang bisa mendinginkan Suhu PC, baik digunakan untuk rendering video serta diajak bermain game. Kalau bisa HSF nya juga bisa mendinginkan dompet alias murah.. hehehe.. Okey tak kabulin. Ini admin sajikan review HSF Low Profile dari ID-Cooling IS-65 beserta Fan RGB ID-Cooling SF-12025. Silahkan dibaca hingga selesai.

Review Lengkap HSF Low Profile dari ID-Cooling IS-65 beserta Fan RGB ID-Cooling SF-12025: Bisa Mendinginkan Dompet

Review Lengkap HSF Low Profile dari ID-Cooling IS-65 beserta Fan RGB ID-Cooling SF-12025: Bisa Mendinginkan Dompet
Review Lengkap HSF Low Profile dari ID-Cooling IS-65 beserta Fan RGB ID-Cooling SF-12025: Bisa Mendinginkan Dompet

Kalau ditanya HSF Low Profile apa saja yang rekomen di pasaran? Sebenarnya ada banyak sekali dan yang paling terkenal dari sisi brand serta kualitas sudah pasti HSF Low Profile dari Noctua. Noctua sendiri punya banyak seri untuk HSF Low Profile mereka, mulai dari Noctua L9i,NH-C14, L9a dan masih banyak lagi. Permasalahannya satu, yaitu harga dari HSF Noctua tersebut bisa dibilang cukup mahal, apalagi buat kita para PC builder kere yang mungkin hanya ingin membangun sebuah PC untuk kebutuhan Gaming dan multimedia biasa saja.

Maka dari itu yang kita butuhkan tidak harus benar-benar HSF Powerfull, Yah setidaknya cukup untuk mendinginkan Suhu PC saja ketika diajak Full Load, entah itu bermain game atau tugas sedang seperti rendering video dengan durasi ringan. Terkait bahasa di atas tadi, pada artikel kali ini admin akan coba mereview sebuah HSF atau Heatsink Fan dari ID Cooling dengan seri IS-65.

Sebuah HSF bertipe low profile yang cukup menyita perhatian admin di salah satu toko online. Betapa tidak, di tengah harga HSF low Profile lain yang memiliki rentang harga di 500 ribuan ke atas, justru HSF dari ID-Cooling IS-65 ini dibanderol dengan harga hanya Rp 235.000,- saja. Benar-benar murah kah?

Di dalam paket HSF Low Profile ID-Cooling IS-65 ini juga kamu sudah bisa mendapatkan banyak mounting untuk beberapa jenis socket dari Intel semisal LGA 1150, LGA 1151, LGA 1155, dan LGA 1156, sedangkan untuk AMD sendiri sudah support penuh mulai dari FM1, FM2, FM2+, AM2, AM2+, AM3,AM3+, hingga yang terbaru untuk CPU Ryzen yaitu AM4. Plus dapat pasta thermal dari ID- Cooling juga.

Admin sendiri memasangkan HSF ID-Cooling IS-65 ini di Motherboard berjenis ATX socket AM4 AMD Ryzen 1600x. Walhasil terlihat mungil sekali. Sangat berbeda dengan HSF sebelumnya yaitu Cooler Master Hyper 212 yang sampai memenuhi ruang case. Saking besarnya sampai penutup side Window case saja tidak muat, belum lagi 1 slot RAM termakan oleh HSF gede tersebut.

Namun beda cerita dengan HSF ID-Cooling IS-65 ini yang sama sekali tidak memakan ruang case, semua slot RAM juga aman dan sama sekali tidak kepentok dengan RAM sekalipun mungkin RAM Kamu punya Heat Spreader tinggi (Tested Geil EVO X RGB). Hanya saja di dalam paket penjualan HSF ID-Cooling IS-65 ini kamu tidak akan mendapati Fan alias kipas.

Yup, tidak ada kipas sama sekali. Jadi kita disuruh untuk membeli fan terpisah. Sebenarnya ada plus minus untuk hal yang seperti ini. Di satu sisi ini sangat menguntungkan buat kamu mungkin yang sudah punya Fan namun di sini lain ini akan cukup merepotkan buat yang baru saja build PC. Akan tetapi dari sudut pandang admin sendiri sebenarnya bagus, karena kita bisa dengan bebas menentukan Fan mana yang akan kita gunakan.

Mau Fan RGB atau Fan Performance seperti Noctua IPC 3000. Yup, selama fan tersebut punya dimensi ukuran 12 cm maka bisa dengan mudah dipasangkan pada HSF ID-Cooling IS-65 ini. Admin sendiri memasangkannya dengan fan dari ID Cooling juga yaitu ID-Cooling SF-12025 yang mana Fan ini ada RGB. Fan RGB ini juga bisa Sync dengan Motherboard dari ASUS, Gigabyte dan MSI. Jadi sangat menarik sekali jika punya HSF Low Profile ID-Cooling IS-65.

Review dalam bentuk video dari HSF Low Profile ID-Cooling IS-65 plus Fan RGB ID-Cooling SF-12025 bisa kamu simak di bawah ini:


Saran dari admin ketika kamu sudah membeli HSF ini untuk tidak diajak overclock. Yup, karena sebenarnya HSF ini dirancang untuk PC dengan form factor Mini ATX atau Micro ATX. Jadi suhu panas yang bisa ditahan oleh HSF Low Profile ini tidak sebagus HSF Full Tower.

Admin RacikPC.com sendiri sudah mencoba HSF ini untuk overclock di Ryzen 1600x ke 3,8 GHZ dan hasilnya PC admin langsung mati sendiri. Terkhusus ketika di ajak full load semisal bermain game Assassin's Creed Origins dan NieR: Automata (oh iya, baca juga tutorial cara memperbaiki bug Full Screen dan Frame Drop di NieR: Automata di sini) serta ketika diajak rendering video Full HD pun tiba-tiba mati.

Namun ketika tidak di overclock alias cuma di based clock 3,6 GHZ saja, sama sekali tidak ditemui isu panas berlebih, bahkan ketika di ajak rendering video plus bermain game set ultra juga lancar jaya. Sebenarnya admin memaklumi dengan masalah seperti ini, mengingat HSF Low Profile ID-Cooling IS-65 ini cuma dilengkapi dengan 3 Heat pipe saja, belum lagi ukuran dari HSF ini yang kecil.

Review Lengkap HSF Low Profile dari ID-Cooling IS-65 beserta Fan RGB ID-Cooling SF-12025: Bisa Mendinginkan Dompet