Inilah 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Setup PC Multi Monitor dan Kenapa Tidak Harus: Baca Supaya Tidak Menyesal Nantinya

Lebih bagus setup PC Dual Monitior a.k.a Multi Monitor atau 1 monitor besar saja ya? Apakah memang benar dengan menambah monitor lebih dari satu bisa meningkatkan produktivitas? Multi monitor juga bisa kah di ajak gaming dan apakah ada syarat tertentu? Tolong dong kasih alasannya kenapa harus multi monitor dan kenapa tidak? Masing bingung nih. OKey..okey, ini dia sudah admin buatkan 3 alasan kuat kenapa kamu harus punya setup PC Dual Monitor atau tidak sama sekali. Baca artikelnya hingga selesai

Inilah 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Setup PC Multi Monitor dan Kenapa Tidak Harus: Baca Supaya Tidak Menyesal Nantinya

Inilah 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Setup PC Multi Monitor dan Kenapa Tidak Harus: Baca Supaya Tidak Menyesal Nantinya
Inilah 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Setup PC Multi Monitor dan Kenapa Tidak Harus: Baca Supaya Tidak Menyesal Nantinya

Bisa dikatakan punya monitor lebih dari satu atau istilahnya itu dual monitor atau Multi monitor salah satu impian para gamer di seluruh dunia, termasuk admin RacikPC.com sendiri tentunya. Betapa tidak, dengan punya monitor PC lebih dari satu, kita bisa melakukan banyak hal. Istilahnya itu Multi tasking lah.

Namun apakah benar seperti itu atau justru lebih baik menggunakan satu monitor saja namun atau justru memang kita sebagai pengguna PC harus punya dual monitor? Berikut ini admin akan coba bagi menjadi 3 alasan atau tujuan kenapa kamu harus punya setup dual monitor dan kenapa tidak harus.

Harus Punya Setup Dual Monitor
Alasan pertama tentu harus punya setup dual monitor atau kalau bisa lebih dari 2 monitor. Alasannya tentu dengan adanya konfigurasi dual monitor atau lebih ini kamu bisa dengan memaksimalkan produktivitas kamu semisal 1 layar dipakai untuk keperluan multimedia, satu monitornya lagi dibuat untuk melihat News, pergerakan Index saham atau monitor satunya lagi sengaja dibuat vertikal, tujuannya untuk memudahkan kamu ketika coding.

Yup coding, para programmer sangat membutuhkan dan sangat terbantu sekali dengan monitor posisi vertikal seperti ini. Karena dengan begitu mereka tidak harus repot-repot lagi menggulir layar ke bawah secara berulang kali, yang mana kegiatan seperti ini sebenarnya bisa saja mengurangi konsentrasi.

Setup dual monitor juga sangat berguna sekali jika kamu adalah seorang desainer atau juga video edito. Karena dengan begitu salah satu monitor bisa digunakan untuk preview hasil. Saran dari admin mungkin khusus untuk desainer ini pilihlah monitor yang punya akurasi warna tinggi semisal monitor yang punya panel IPS.

Oh iya, tidak harus desainer atau pun programmer kok yang direkomendasikan punya setup dual monitor atau lebih, tapi juga buat kita para gamers yang memang menyukai pandangan luas atau buat gamer bertipe FPS dan simulator.

Tidak Harus Punya Setup Multi Monitor
Nah ini nih yang admin sedikit singgung di awal tadi, jika kamu hanya sebatas pengguna biasa alias tidak terlalu banyak membutuhkan Multi tampilan, maka setup dual monitor tidak terlalu disaran. Penggunaan ringan yang admin maksud di sini semisal hanya digunakan untuk kebutuhan Gaming, Office dan streaming, maka 1 monitor pun sudah cukup.

Terlebih dengan memiliki dual monitor, sebenarnya spesifikasi PC kamu juga harus mumpuni, apalagi jika dipakai untuk bermain game dengan konfigurasi 2 atau 3 monitor dijadikan satu. Walhasil beban kerja VGA kamu akan semakin berat. Konfigurasi SLI atau CrossFire sangat direkomendasikan.

Mungkin Butuh Setup Dual Monitor
Point yang ketiga ini adalah "mungkin butuh", nah kalau yang ini bisa kamu coba setup dual monitor atau lebih dengan memanfaatkan monitor lawas atau monitor yang sudah tidak terpakai lagi. Jangan khawatir jika monitor kamu cuma punya colokan lawas semisal D-SUB/VGA atau DVI saja. Karena di pasaran sendiri ada banyak kabel adapter.

Mulai dari HDMI to VGA/D-SUB, Display Port to VGA/D-SUB, Display Port to HDMI, Display Port to DVI, hingga HDMI to DVI. 2 di antaranya sudah pernah admin review di sini dan juga di sini. Sedikit saran lagi saja, kamu tambahkan penyangga pada monitor lawas tersebut agar sejajar dengan monitor utama.

Pilih Multi Monitor atau 1 Monitor Besar Saja?
Opsi Multi monitor biasanya diambil oleh beberapa pengguna PC karena dianggap lebih terjangkau. Sebagai contoh, dengan menggunakan 2 monitor LG 24MP88 yang pernah admin review di sini, kamu sudah bisa menambatkan monitor dengan bentang layar 2 kali lipatnya, bandingkan jika kamu membeli 1 monitor besar seperti Samsung 49 inchi ultra wide CHG90, itu harganya sudah di angka 20 juta rupiah. Sedangkan jika kamu menggunakan konfigurasi 2 monitor, maka daya yang dikeluarkan cuma 5 juta saja.

Hanya saja satu kelemahan dari setup dual monitor adalah kamu pasti akan mendapati pembatas antara monitor pertama dengan monitor kedua. Maka dari itu jika kamu pingin punya setup monitor yang tidak ada pembatasnya serta banyak uang harus memilih 1 monitor yang lebar saja.

Menarik memang, admin sendiri sebenarnya punya cita-cita bisa punya setup PC dual monitor atau lebih dan akhirnya bisa terwujud dengan bantuan monitor lawas, cuma kok berasa aneh karena monitor lawas admin ini masih menggunakan resolusi 1360x768 dengan panel TN, sedangkan monitor utama sudah Full HD 1920x1080 dengan panel IPS. Terasa kontras sekali, belum lagi luas meja admin tidak terlalu lebar sehingga di atas meja sudah terasa sesak. Walhasil tak copot lagi.


Mau setup PC Multi monitor atau single monitor sebenarnya kembali lagi ke kebutuhan masing-masing. Setiap orang punya kebutuhan dan pandangan sendiri. Itu saja dulu yang bisa admin sampaikan ke kamu. Jika kamu punya opini lain silahkan tulis di kolom komentar. Apabila artikel ini dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan. Salam admin RacikPC.com

Inilah 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Setup PC Multi Monitor dan Kenapa Tidak Harus: Baca Supaya Tidak Menyesal Nantinya