Cara Tepat, Murah dan Mudah Mengatasi Framdrop, Tersendat-Sendat pada Saat Merekam Video Gameplay Menggunakan ShadowPlay dan Relive

Pernah mengalami posisi dimana pada saat merekam video GamePlay di PC, hasil rekamannya patah-patah, tersendat-sendat atau justru pada saat proses rekaman itu sendiri, game yang sedang kamu mainkan mengalami Frame Drop? Nah buat kamu yang mengalami hal serupa, pada artikel kali ini admin akan coba bagikan Tips bagaimana cara mengatasi Frame drop, hasil rekam video GamePlay patah-patah, tersendat-tersendat. Silahkan baca hingga selesai.

Cara Tepat, Murah dan Mudah Mengatasi Framdrop, Tersendat-Sendat pada Saat Merekam Video Gameplay Menggunakan ShadowPlay dan Relive

Cara Tepat, Murah dan Mudah Mengatasi Framdrop, Tersendat-Sendat pada Saat Merekam Video Gameplay Menggunakan ShadowPlay dan Relive
Cara Tepat, Murah dan Mudah Mengatasi Framdrop, Tersendat-Sendat pada Saat Merekam Video Gameplay Menggunakan ShadowPlay dan Relive

Bermain game kemudian rekam proses bermain atau istilahnya itu merekam gameplay sudah tidak asing lagi di jaman ini. Banyak sekali bermunculan para YouTuber dan juga Twitcher yang merekam aksi bermain game mereka baik di PC maupun Console. Tujuannya tidak lain untuk memperlihatkan keluwesan, kehebatan dan juga terkadang memberikan solusi bagi para gamer yang kesulitan mencapai misi tertentu.

Admin RacikPC.com sendiri cukup sering menonton gameplay seseorang di YouTube. Biasanya sih karena ingin lihat dulu gameplay aslinya ketika dimainkan, kemudian baru dimasukkan ke Wishlist. Tahu lah sendiri biasanya teaser yang diberikan oleh para developer game di Steam terlalu wah dan kadang tidak sesuai dengan ekspektasi atau karena admin memang sedang kesulitan, tidak ada clue untuk menyelesaikan misi pada game tertentu.

Bagi kita para penonton, mungkin tidak akan pernah tahu kalau sebenarnya cukup sulit merekam video gameplay pada sebuah game. Yup, apalagi di sebuah PC. Kenapa admin bilang seperti itu? Karena itu tadi, proses merekam GamePlay itu sendiri sebenarnya bisa mengurangi FPS atau Frame per Second, yang mana ini bisa mengurangi kenyamanan dari gamer itu sendiri bermain.

Padahal proses merekam video GamePlay tidaklah sebentar, paling sedikit 30 menit atau setengah jam, bahkan ada yang sampai 8 jam nonstop. Nah loch! Kalau sudah seperti itu lama kelamaan FPS pada game yang direkam GamePlay nya tersebut bisa terus drop, walhasil bakal mengganggu proses perekaman itu sendiri. Sebenarnya di pasaran sendiri sudah banyak yang menjual alat untuk merekam GamePlay, namanya sendiri adalah GamePlay Capture. Dengan alat ini kamu bisa leluasa merekam game yang sedang dimainkan tanpa harus takut FPS drop.


Karena memang si GamePlay Capture ini adalah unit terpisah dari PC yang sama sekali tidak mengandalkan proses kerja pada PC itu sendiri. Walhasil PC tidak terbebani. Namun kan dengan opsi seperti ini berarti kita harus dibebani dengan membeli lagi sebuah alat. Lah iya kalau ada duitnya, tapi kalau rakit PC saja sudah nabung berbulan-bulan tapi harus beli alat ini lagi? Amsyong dah.. hehehe

Terus apakah ada suatu cara agar bisa merekam video GamePlay tanpa tersendat-sendat alias framedrop tanpa harus membeli alat lagi? Jawabannya tentu saja ada dan inilah yang akan admin bagikan ke kamu. Buat kamu pengguna GPU Nvidia atau Radeon untuk AMD. Sebenarnya sudah disediakan sebuah tool yang fungsinya untuk merekam GamePlay dari game yang kamu mainkan. Di Nvidia sendiri nama tool nya adalah ShadowPlay, sedangkan untuk AMD Radeon Relive.

Agar Kedua Tool tadi bekerja optimal dan GamePlay dari game yang kamu rekam tersebut tidak patah-patah, berikut ini caranya:

Siapkan HDD lebih dari 2
Nah ini penting, karena admin sendiri punya lebih dari 1 HDD. Yang mana 1 HDD diisi oleh data game dan satunya lagi dipakai untuk bekerja. Tujuannya sudah pasti agar hasil rekaman GamePlay yang kita rekam tadi tidak memakan 1 ruang HDD saja. Tahulah sendiri jika besaran dari video GamePlay itu untuk durasi menit saja bisa di atas 5GB.

"Min, gimana kalau 1 HDD di partisi saja menjadi 2?" Kurang efektif, karena nyatanya HDD fisik kamu tetap satu dan piring atau cakram HDD yang berputar juga 1. Oleh karena itu penting sekali jika ingin menjadi Youtuber GamePlay harus punya HDD lebih dari 1. Lebih disarankan lagi jika HDD tersebut punya speed 7200 RPM atau lebih keren lagi pakai SSD.

Install OS Windows di SSD
Sudah menjadi rahasia umum jika menginstall OS Windows di SSD akan mempercepat proses booting dan ini sudah admin rasakan langsung serta para PC Builder yang sudah veteran di dunia PC. Jadi sangat-sangat direkomendasikan sekali jika menginstall OS Windows di SSD. Terserah mau di SSD tipe2.5 inchi atau SSD M.2. Untuk lebih lengkapnya seberapa penting SSD pada sebuah PC bisa kamu baca penjelasannya di sini

Pindahkan Instalasi Data Game dan Storage Record GamePlay
Ini point terakhir dan yang paling penting supaya proses rekam GamePlay tidak tersendat-sendat sehingga membuat FPS drop, yaitu dengan memisahkan storage atau HDD tempat penyimpanan data game dengan HDD untuk rekaman video GamePlay dari sebuah game.

Oleh karena itu juga di point pertama tadi sudah admin jelaskan untuk bisa memiliki HDD lebih dari 1. Admin RacikPC.com sendiri punya 3 HDD dan 1 SSD bertipe M.2, yang mana salah satu dari 3 HDD tersebut memiliki Speed 7200 RPM dan ini admin gunakan untuk menginstall data game, sedangkan HDD yang satunya lagi admin gunakan untuk penyimpanan hasil rekaman video serta 1 HDD terakhir untuk multimedia.

Memang kedengarannya boros penyimpanan, dana dan sebagainya, namun yakinlah dengan konfigurasi seperti ini nantinya akan banyak sekali manfaatnya, yang salah satunya itu adalah kamu tidak harus membeli GamePlay Capture di atas. Serta semua video GamePlay yang sudah diambil juga bisa kamu simpan dalam jumlah besar. Saran tambahan dari admin adalah belilah HDD minimal 2TB karena besar dari video GamePlay tersebut bisa di kisaran puluhan giga.

Yah itu saja dulu yang bisa admin bagikan tentang bagaimana cara mengatasi rekam video GamePlay dari sebuah game yang tersendat-sendat. Cara ini sudah admin praktikkan sendiri di PC yang sudah admin pernah rakit di sini. Memang ada banyak faktor yang menentukan apakah rekaman video GamePlay tersebut macet-macet atau lancar semisal CPU, VGA Card, RAM.

Namun secara keseluruhan, peran HDD di sini sangat penting sehingga perlu diberikan perhatian khusus. Jika kamu punya pendapat lain, bisa tulis di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Salam admin RacikPC.com

Cara Tepat, Murah dan Mudah Mengatasi Framdrop, Tersendat-Sendat pada Saat Merekam Video Gameplay Menggunakan ShadowPlay dan Relive