Cara Mudah dan Termurah Mengganti Tombol/Switch Omron Klik Kiri Mouse Logitech G102 Prodgy yang Suka Klik Double

Baru juga dipakai beberapa bulan tapi Mouse Gaming sejuta umat kamu yaitu Logitech G102 Prodigy sudah mengalami masalah dimana tombol atau switch klik kiri sudah sering sekali mengalami yang namanya Klik Double? Wah sama banget tuh, karena admin juga sedang mengalaminya loch. Buat kamu yang tidak mau repot klaim garansi, berikut ini admin akan bagikan tata cara mengganti switch Omron Klik kiri yang ada di Mouse Logitech G102 Prodigy. Let's check this out!

Cara Mudah dan Termurah Mengganti Tombol/Switch Omron Klik Kiri Mouse Logitech G102 Prodgy yang Suka Klik Double

Cara Mudah dan Termurah Mengganti Tombol/Switch Omron Klik Kiri Mouse Logitech G102 Prodgy yang Suka Klik Double
Cara Mudah dan Termurah Mengganti Tombol/Switch Omron Klik Kiri Mouse Logitech G102 Prodgy yang Suka Klik Double

Salah satu masalah yang paling krusial dari sebuah mouse adalah ketika tombol klik kiri sudah bermasalah. Yup, samalah utama yang akan selalu kamu temukan pada sebuah Mouse. Tidak pernah ada benar-benar jaminan jika kamu yang kamu beli tersebut akan terbebas dari masalah yang satu ini. Sekalipun itu mouse Gaming RGB seharga jutaan rupiah sekalipun atau bahkan mouse gratis kelap-kelip legend dari pembelian laptop. Tetap saja akan menghadapi yang namanya masalah klik kiri.

Memang sih mouse komputer jaman sekarang sudah menggunakan switch yang lebih baik dari pendahulunya, bahkan diklaim tahan dengan puluhan ribu klik, tapi tetap saja klaim ketahanan tersebut tidak bisa benar-benar nyata pada penggunaan sehari-hari. Tahulah sendiri jika setiap orang punya preferensi sendiri atau kebiasaan sendiri-sendiri dalam menggunakan mouse, yang mana sangat berpengaruh dalam ketahanan mouse.

Seperti yang admin alami saat ini pada mouse dari Logitech G102 Prodigy. Mouse Gaming sejuta umat yang mungkin akan terus diproduksi oleh Logitech hingga hari kiamat. Sebuah mouse Gaming berlabel RGB yang paling banyak dicari sekaligus paling laku hingga saat ini. Saking lakunya bahkan mouse Logitech G102 Prodigy ini muncul varian warna putihnya yang sebelumnya cuma ada warna merah.

Selain murah meriah sebagai Mouse Gaming, mouse Logitech G102 Prodigy ini juga sudah dilengkapi dengan switch terbaru yaitu Omron switch yang diklaim tahan 50 juta klik. Namun nyatanya setelah penggunaan beberapa bulan, admin RacikPC.com sudah menemukan masalah klik kiri jadi double. Yup, jadi tombol atau switch kiri pada mouse ini sering mengalami klik double atau klik 2x. Padahal cuma diklik satu kali saja. Selain itu juga terkadang pada saat kita ingin menarik file atau istilahnya drag and drop, sering kali file tersebut lepas sendiri.

Kalau sudah seperti ini, mau tidak mau kita sebagai pemilik dari Mouse Logitech G102 Prodigy adalah melakukan klaim garansi, namun bagi yang tidak mau repot-repot kirim. Ada satu lagi cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengganti switch atau tombol klik tersebut. Yup menggantinya sendiri. Di pasaran sendiri sebenarnya ada yang menjual switch atau tombok Omron ini secara terpisah dan harganya pun terbilang sangat murah yaitu Rp 2000 hingga 2100 saja untuk satu switch nya.

Cara pemasangannya pun terbilang sangat mudah, asalkan kamu mempunyai alatnya sendiri, berikut ini adalah bahan dan alat yang perlu kamu persiapkan untuk mengganti tombol klik kiri pada mouse Logitech G102 Prodigy:
- Tombol atau switch Omron
- Solder listrik
- Gulungan timah
- Keahlian bongkar pasang
- Obeng set

Caranya:
1. Bukan bagian belakang dari mouse Logitech G102 Prodigy menggunakan obeng
2. Terdapat 3 baut diantaranya 2 ada di depan dan satunya lagi ada di ada di tengah atau lebih tepatnya di bawah stiker Logitech
3. Setelah itu buka perlahan-lahan Mouse tersebut
4. Silahkan lepas baut yang lain
5. Angkat papan PCB mouse Logitech G102 Prodigy, lalu kamu perhatikan pada tombol klik kiri
6. Nah disitu terdapat 3 kaki yang perlu kamu lepas menggunakan solder listrik tadi
7. Lepas secara perlahan ketiga kaki switch Omron, dan jangan sampai mengenai jalur PCB (ini penting)
8. Jika sudah terlepas, silahkan kamu ganti switch Omron tadi dengan switch yang baru
9. Kemudian solder kembali dengan timah
10. Selesai

Oh iya, perlu diingat juga untuk meletakkan posisi switch yang benar, selain itu jalur PCB wajib aman, supaya nanti jika klik kiri tersebut rusak kembali bisa dengan mudah dilakukan pergantian. Switch Omron tersebut juga bisa kamu lakukan penggantian untuk klik kanan atau klik yang lainnya. Jadi tidak sebatas pada klik kiri saja.


Saran dari admin untuk membeli di atas 20 Switch sekalian supaya nanti tidak beli lagi. Yah repot juga buat yang beli online karena terkendala ongkos kirim. Ke depannya akan admin buatkan video khusus untuk artikel ini sehingga lebih mudah dipahami. Sekian tutorial bagaimana cara mengganti tombol atau switch Omron klik kiri pada Mouse Gaming Sejuta umat Logitech G102 Prodigy. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan jika dirasa bermanfaat. Salam admin RacikPC.com

Cara Mudah dan Termurah Mengganti Tombol/Switch Omron Klik Kiri Mouse Logitech G102 Prodgy yang Suka Klik Double