Cara Memperbaiki Frame Drop dan Layar Tidak Mau Full Screen di Game NieR: Automata | Based on Pengalaman Sendiri

Sudah beli game NieR: Automata mahal-mahal di Steam tapi setelah dimainkan ternyata banyak bug, belum lagi layar yang tidak bisa dibuat full screen plus banyak terjadi framedrop di sana-sini. Kesal? Marah? Jomblo? Hahaha.. Tenang-tenang, ini admin buatkan artikel khusus yang membahas tentang kekesalanmu itu beserta cara memperbaikinya. Silahkan baca hingga selesai!

Cara Memperbaiki Frame Drop dan Layar Tidak Mau Full Screen di Game NieR: Automata | Based on Pengalaman Sendiri

Cara Memperbaiki Frame Drop dan Layar Tidak Mau Full Screen di Game NieR: Automata | Based on Pengalaman Sendiri
Cara Memperbaiki Frame Drop dan Layar Tidak Mau Full Screen di Game NieR: Automata | Based on Pengalaman Sendiri

Kalau bahas soal game yang berjudul NieR: Automata rasanya tidak perlu dijelaskan panjang lebar lagi ya. Pasti banyak banget gamer di Indonesia yang sudah memainkan game besutan Platinum Games dan Square Enix sebagai Publisher-nya atau bahkan mungkin sudah menamatkannya. Admin RacikPC.com sendiri baru saja di bulan Maret 2018 ini bisa memainkan gamenya, lantaran selama ini Square Enix pelit kasih diskon di Steam.

Nah pas ada Square Enix Publisher diskon di Maret 2018 sebesar 50% ini, barulah admin bisa membelinya. Admin sengaja untuk tidak memainkan game NieR: Automata ini di versi bajakannya karena memang entah kenapa sudah kepalang terbiasa bermain game original. Nah buat kamu yang pingin tahu apa saja kelebihan serta kekurangan bermain game original dan bajakan serta alasannya kenapa harus beli game original bisa baca artikel lengkap + videonya di sini.

Setelah penantian panjang, rasanya terbayang banged bisa memainkan game yang sudah lama ditunggu-tunggu ini. Sebenarnya admin ingin membeli game NieR: Automata ini pas bulan November, cuma pada saat itu Assassin's Creed Origins yang versi Gold nya juga sedang diskon, jadilah admin beli dulu itu game, dengan harapan pas Winter Sale Steam nanti di bulan Desember bisa kebeli game NieR: Automata ini. Tapi apesnya Square Enix malah tidak kasih diskon sama sekali, termasuk pas Steam Chinese New Year Kemarin. Hemm.. sepertinya Square Enix tidak mau lagi duit dari para gamers.

"Kenapa tidak beli full price saja min?" Aje gile gan, itu game kalau harga penuh bisa sampai 800 ribu rupiah. Dengan harga segitu, tambah dikit lagi bisa kebeli Xiaomi Redmi 5A, hahaha.. belum lagi issue dari game NieR: Automata yang tidak pernah dapat Patch Fix semenjak peluncurannya. Yah, ini game NieR: Automata tidak pernah dapat fix bug dari developer awalnya Platinum Games.
Walhasil game NieR: Automata ini masih menyisakan banyak bug di sana-sini, terkhusus untuk pengguna PC Spesifikasi pas-pasan alias Low End. Jadi sudah tahu kan alasan admin RacikPC.com untuk tidak membeli game NieR: Automata ini dalam kondisi harga penuh?! "Sudah tahu ada bug, terus kenapa masih dibeli min?" Itu tidak lain karena 2B gan.. haha..

Seorang Android yang menjadi peran utama di dalam game NieR: Automata ini. 2B ini masuk kategori Waifu Ideal lah, hahaha.. Belum lagi story, gameplay dan mekanik yang ditawarkan oleh game NieR: Automata ini fresh serta mengasyikkan dan yang tak kalah penting adalah panorama serta back Sound yang bikin kamu terngiang-ngiang terus sekalipun tidak memainkan gamenya. Ga percaya? Coba saja mainkan langsung!

Okey dalam artikel kali ini yang akan admin bahas adalah mengenai bug yang ada di game NieR: Automata. Seperti yang sudah admin singgung di awal tadi jika untuk PC yang punya spesifikasi tinggi, bug tersebut mungkin tidak akan banyak berpengaruh ke performa serta gameplay permainan kamu, tapi buat pengguna PC kentang seperti admin yang mau tidak mau harus memperbaiki bug tersebut terlebih dahulu supaya lancar bermainnya.

Adapun bug yang admin temui ketika bermain game NieR: Automata ini antara lain:

Tidak Bisa Full Screen
Iya, benar banged! Secara default game NieR: Automata ini tidak bisa di atur ke full screen alias layar penuh. Sekalipun sudah kamu setting ke full screen di menu pengaturannya, maka tetap saja tidak bisa. Walhasil mau tidak mau kamu harus puas memainkannya dalam mode Window dan bug ini adalah bug yang paling kentara, karena muncul di awal game sebelum masuk ke permainan.

Dari yang admin baca-baca, jika game NieR: Automata ini memang bad port alias proses porting atau transformasinya ke PC tidak terlalu bagus. "Loch kok transformasi?" Iya memang seperti itu, karena aslinya game NieR: Automata ini dibuat khusus untuk Playstation 4 saja atau istilahnya itu game eksklusif. Namun karena animo permintaan dari para gamers di seluruh dunia yang menginginkan game NieR: Automata juga bisa dimainkan di PC, walhasil dibawa pula lah game NieR: Automata ke PC melalui Steam.

Awal-awalnya juga game NieR: Automata ini tidak tersedia untuk region Asia Pasifik seperti Indonesia, bahkan sempat harganya berubah dari yang awalnya cuma 500 ribuan rupiah saja berubah menjadi Rp 799.000,-. Platinum Games sebagai developer game NieR: Automata ini juga sebelumnya belum memiliki histori soal game porting dan lebih banyak berfokus pada game Console. Plus ada kabar Square Enix sebagai Publisher game ini juga tidak lagi mendanai Platinum Games untuk perbaikan bug dalam bentuk patch.

Walhasil sudah 1 tahun ini, game NieR: Automata sekali tidak mendapatkan Patch Bug Fix dari developernya. Namun jangan khawatir, walaupun belum ada patch resmi dari Square Enix maupun Platinum Games, patch untuk game NieR: Automata ini tetap bisa kamu dapatkan melalui developer pihak ketiga yang paling terkenal adalah FAR. Jadi dengan Mod FAR ini issue soal layar yang tidak bisa full screen bisa diperbaiki.

Admin sendiri sudah mencoba mod FAR ini langsung ke game NieR: Automata yang admin beli di Steam, dan hasilnya sukses memperbaiki bug full screen tadi. Oh iya, mod FAR ini cuma bisa digunakan untuk kamu yang membeli game secara resmi di Steam atau DRM Steam. Karena kalau tidak (semisal bajakan), maka mod FAR ini tidak akan berfungsi. Sepertinya memang sudah dirancang developernya seperti itu.

Mod FAR untuk game NieR: Automata ini sendiri bisa langsung kamu dapatkan secara gratis di sini. Proses instalasinya juga sangat mudah:
1. Tinggal kamu ambil mod FAR tadi
2. Ekstrak menggunakan file ekstraktor seperti WinRAR maupun 7zip
3. Lalu taruh di folder tempat dimana kamu menginstall game tersebut
4. Kemudian jalankan game NieR: Automata nya seperti biasa melalui Library Steam

Frame Drop di Cut Scene
Aneh ya.. biasanya Frame drop atau turunnya Frame per Second pada game terjadi ketika di proses bermain game itu sendiri, tapi ini justru terjadi pada saat cut scene yang mana biasanya cut scene ini terdiri dari video biasa. Tapi ini memang benar terjadi kok di game NieR: Automata. Admin RacikPC.com sendiri sempat mengalaminya, sebelum menginstall Mod FAR tadi.

Oleh karena itu admin sarankan sebelum memainkan game NieR: Automata ini, install terlebih dahulu Mod FAR. Supaya pengalaman kamu bermain game ini bisa maksimal.

Frame Drop Setelah Dimainkan Beberapa Lama atau Sering Berteleportasi
Frame drop selanjutnya yang admin alami adalah ketika sudah cukup lama bermain game ini. Yup, apalagi kalau sering berpindah-pindah tempat melalui box teleportasi. Walhasil semakin parah Frame drop yang terjadi. Padahal posisi game NieR: Automata sendiri admin install terpisah ke HDD 7200rpm besutan Segeate. Namun tetap saja terjadi Frame drop. Kalau terus dibiarkan, bahkan untuk menggerakkan kamera saja terasa sulit.

Bug yang satu ini bisa kamu perbaiki dengan cara memindahkan data game ke SSD. Yup, ke SSD. Itulah cara yang paling mudah dan paling manjur. Setelah admin pindahkan ke SSD, maka Frame drop yang sudah admin sebutkan tadi sama sekali tidak muncul lagi. Bahkan proses booting dan loading game pun terasa lebih cepat dari pada sebelumnya yang masih diinstall di HDD biasa.

Cara memindahkan instalasi game NieR: Automata sangat mudah kok, tidak perlu kamu install ulang gamenya lagi, tinggal ikuti instruksi yang ada di bawah ini:
1. Buka Steam Library
2. Lalu klik kanan pada game NieR: Automata
3. Kemudian pilih properties
4. Masuk ke tab local files
5. Pilih move install folder
6. Nanti akan muncul menu pop-up
7. Tinggal kamu atur ke SSD atau disc C
8. Lalu tekan move folder dan proses pemindahan berjalan
9. Tunggu hingga selesai
10. Sekarang game NieR: Automatamu siap dimainkan


Masalahnya mungkin adalah tidak semua PC terdapat SSD nya, apalagi di tengah harga SSD yang semakin mahal. Namun admin yakin sebenarnya gamer yang membeli game NieR: Automata ini juga sudah terpasang SSD baik itu SSD tipe 2.5 inchi maupun SSD M.2. Nah buat pembahasan mana SSD yang bagus, apakah SSD 2.5 Inchi atau M.2 bisa kamu baca-baca di sini, sedangkan untuk bahasa lebih baik game di install di SSD atau HDD bisa baca juga di sini.

Yah itu saja dulu bahasan soal cara memperbaiki bug full screen dan Frame drop baik di cut scene maupun di dalam game pada game NieR: Automata. Usahakan untuk membeli game originalnya ya. Sekarang sedang diskon 50% kok. Sayang sekali kalau sudah main ratusan jam tapi game yang kamu mainkan ternyata bajakan. Okey, jika dirasa bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan. Salam admin RacikPC.com

Cara Memperbaiki Frame Drop dan Layar Tidak Mau Full Screen di Game NieR: Automata | Based on Pengalaman Sendiri