7 Point Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Pada Saat Membeli Game di Steam Sale: Tips Bebas Khilaf

Duh rasanya semua game yang sedang sale di Steam ingin dibeli! Apakah ini yang dinamakan Khilaf? Tolong dong kasih masukan atau setidaknya panduan bagaimana cara memilih dan membeli game yang tepat di Steam. Soalnya kalau tidak ada pedomannya, bisa-bisa semua isi tabungan habis terpakai buat beli game yang belum tentu dimainkan semuanya. Tenang saja sudah admin buatkan 7 point penting yang perlu diperhatikan saat memilih game di Steam. Silahkan dibaca hingga selesai.

7 Point Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Pada Saat Membeli Game di Steam Sale: Tips Bebas Khilaf

7 Point Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Pada Saat Membeli Game di Steam Sale: Tips Bebas Khilaf
7 Point Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Pada Saat Membeli Game di Steam Sale: Tips Bebas Khilaf

Jiah sesuatu yang aneh banget jika cara memilih game di Steam saja harus dibikin artikelnya segala, apalagi sampai dibuat tutorial. Admin RacikPC.com saja pas ngetik artikel ini rasanya aneh. Memilih dan membeli game di Steam kan adalah sesuatu yang sangat mudah, tidak perlu diajarkanlah. Semua orang pasti langsung bisa sendiri. Mereka bakal tahu dengan game mana yang mereka sukai dan game mana juga yang akan mereka beli.

Iya sih, admin setuju dan itu memang benar. Kapan hal seperti ini sampai dibahas jadi artikel khusus. Tapi yakinlah, admin bukan tanpa alasan repot-repot meluangkan waktu untuk mengetik artikel ini, karena semua yang admin tuangkan dalam artikel ini berdasarkan pengalaman admin sendiri selama mengenal yang namanya game original di Steam. Yup sebuah portal game terbesar di dunia buat para gamers, sekaligus sebuah gerbang awal juga bagi admin mengenal dengan yang namanya game original (say Good bye to bajakan) seperti yang pernah admin bahas di sini.

Itu tidak lain karena di Steam sendiri sering mengadakan yang namanya sale. Yup, pada saat sale tersebut akan ada banyak sekali berbagai macam game yang akan didiskon hingga 80%. Tak jarang game-game Triple A macam GTA V, The Witcher 3, Watch_Dog 2, Assassin's Creed Origins, Final Fantasy XV, Nier: Automata, Doom, PES 2018, dan masih banyak lainnya mendapatkan diskon harga besar-besaran.

Nah masalahnya adalah diskon di Steam itu seperti pisau bermata dua. Iya kayak jebakan seperti itu. Jebakan di sini yang admin maksud adalah awalnya kita sama sekali tidak pernah berniat untuk membeli judul game tersebut. Yah sama sekali tidak ada niatan di kepala, namun karena melihat game tersebut kena diskon hingga 75%, walhasil otak ini jadi terkontaminasi, pikiran langsung kacau, rasanya ingin segera membeli game tersebut dan tanpa disadari tahu-tahu game yang awalnya tidak ingin dibeli tadi sudah ada di dalam library Steam kita.

Tuh kan Lord Gaben itu pintar banget nyedot duit gamer kere kayak admin. Terpaksa deh dalam seminggu ini harus sering puasa.. hahaha.. oleh karena itu admin buatkan artikel ini supaya kamu tidak terjebak dengan permainan iblis si Papa Gaben. Berikut ini akan admin bagikan beberapa point penting pada saat memilih dan membeli game di Steam.

Pilihlah Game yang Benar-Benar akan Kamu Mainkan Hingga Selesai
Nah ini nih yang kadang bikin khilaf tapi memang harus menjadi prioritas. Pada saat kamu ingin membeli game di Steam, usahakan jika game tersebut memang benar-benar ingin kamu mainkan sesegera mungkin dan harus dimainkan hingga selesai. Dengan kata lain menjadi game prioritas. Tujuan utama kamu membeli game tersebut memang untuk memainkannya hingga tamat, bukan cuma jadi pajangan menuh-menuhi library saja.

Ini yang paling harus kamu cam kan di dalam diri, karena kalau tidak bisa ludes isi tabunganmu. Bisa diborong semua itu game yang lagi diskon di Steam. Hahaha.. ujung-ujungnya itu game cuma jadi pajangan saja di Library buat aja pamer ke teman-tema.. istilahnya menggarami haha...

Pilih Sesuai Gendre
Okelah mungkin game yang sedang diskon gede tersebut bukanlah game yang sedang kamu incar, tapi memang rasanya sayang sekali jika dilewatkan. Kita tidak tahu apakah nantinya game tersebut akan didiskon lagi sebesar itu. Saran dari admin untuk beli game tersebut sesuai dengan gendre yang kamu sukai. Misalkan nih admin RacikPC.com suka game bergendre Racing Fun seperti Need for Speed Series, game Shooting Sniper, FPS, Open World, Hack and Slash, Advanture, TFS, dan Fighting Oppai macam Dead or Alive 5.

Maka akan memilih game yang masuk ke dalam gendre tadi. Selain dari gendre tersebut maka tidak admin beli. Mau sebesar apa pun diskonnya tetap tidak akan admin beli. Dengan begitu kamu bisa menghemat uang atau bisa juga dialihkan hanya pada game yang benar-benar ingin kamu beli.

Sesuaikan Spesifikasi Komputer
Nyadar diri, admin tahu jika game Final Fantasy XV itu bagus, keren, apalagi fanboy FF, sudah pasti Auto Buy. Tapi ya mbok nyadar diri, liat itu si PC atau laptopnya, apakah sudah masuk minimal requirment yang dibutuhkan atau tidak. Karena jika kamu paksakan maka game yang sudah kamu beli tersebut tidak akan bisa dijalankan dengan baik. Walhasil game yang awalnya bagus jadi hancur, patah-patah, cuma bisa dapat belasan FPS di PC atau Laptop pas-pasan.

Pakai Akal dan Logika yang Sehat
Nih, pakai logika sehat. Itu semua game yang sudah kamu beli atau yang akan kamu beli nanti bakal dimainkan semua kah? Soalnya game jaman sekarang itu tidak seperti game dulu. 4 sampai 5 jam bisa langsung tamat. Sekurang-kurangnya 9 hingga 10 jam game jaman sekarang bisa ditamatkan. Sebagai contoh admin berhasil menamatkan game Hellblade Senua's Sacrifice dalam waktu 9 jam dan itu adalah game tercepat yang bisa admin selesaikan.

Sedangkan untuk game terlama dipegang oleh Assassin's Creed Origins yang butuh waktu 118 jam untuk tamat dan itu juga masih ada DLC ketiga yang akan dikeluarkan pada bulan Maret 2018 dan yang berarti ini game masih belum tamat. Jadi pertimbangkan secara logis untuk game yang akan jamu beli nanti.

Sesuaikan Budget
Yah admin tahu jika game-game di Steam yang sudah didiskon tersebut akan tampak murah bahkan murah sekali, tapi sesuaikan juga dengan budget yang kamu miliki. Lebih baik beli game 1 saja tapi benar-benar game yang berkualitas, punya waktu bermain panjang dan paling penting game yang kamu suka, dari pada beli game banyak puluhan buah tapi cuma mini game saja.

Selain itu jaga juga kesehatan kamu. Masak iya Library Steam penuh tapi perut keroncongan. Lah malu tuh sama library hahaha.. So tetap sesuaikan budget.

Lirik Game Lawas
Tidak selamanya loch game-game terbaru adalah game yang bagus. Masih banyak game-game lawas yang justru punya jalan cerita yang kuat. Game lawas juga biasanya butuh spesifikasi yang tidak terlalu tinggi untuk bisa dimainkan dan yang terpenting adalah kamu bisa melihat dengan pasti review secara penuh dari game tersebut karena game tersebut pastinya sudah banyak sekali yang memainkannya. So. Review mereka valid dan bisa kamu jadikan acuan apakah game tersebut layak untuk dibeli.

Lihat Situasi
Pada beberapa game tertentu bisanya si developer tetap memberikan diskon yang sama besarnya sekalipun event sale tersebut telah berakhir. Sebagai contoh game-game dari Ubisoft sering sekali mendapatkan diskon walaupun memang bervariasi besarannya. Namun setidaknya bisa dijadikan acuan dasar jika nantinya game tersebut akan bisa mendapatkan diskon lagi jika kamu belum bisa membelinya di sale kali ini.


Itulah 7 point penting yang perlu kamu perhatikan pada saat membeli game di Steam terutama ketika menghadapi Sale. Semua yang sudah admin tulis di atas admin, didapatkan melalui pengalaman pribadi. Jika kamu punya pengalaman lain atau mungkin punya masukkan, silahkan tulis di kolom komentar. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan jika dirasa bermanfaat, salam admin RacikPC.com

7 Point Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Pada Saat Membeli Game di Steam Sale: Tips Bebas Khilaf