Panduan Lengkap Cara Menentukan Besaran WATT Kapasitas Sebuah PSU Ketika Merakit PC: Based on Pengalaman Sendiri

Sedang mencari PSU untuk PC Gaming yang sedang kamu rakit? Tapi masih belum tahu atau bahkan bingung menentukan besaran atau berapa WATT PSU yang dibutuhkan? Ini admin akan bagikan tutorial cara mengukur besaran PSU ketika ingin merakit PC serta Tips bagaimana cara memilih PSU yang tepat. Simak baik-baik!

Seperti Inilah Cara yang Benar Menentukan Besaran WATT Kapasitas Sebuah PSU Ketika Merakit PC: Based on Pengalaman Sendiri

Seperti Inilah Cara yang Benar Menentukan Besaran WATT Kapasitas Sebuah PSU Ketika Merakit PC: Based on Pengalaman Sendiri
Seperti Inilah Cara yang Benar Menentukan Besaran WATT Kapasitas Sebuah PSU Ketika Merakit PC: Based on Pengalaman Sendiri

Salah satu komponen terpenting ketika kita ingin merakit sebuah PC Desktop adalah PSU atau Power Supply Unit. Yup sebuah komponen yang fungsi utamanya adalah menyuplai daya atau Power ke seluruh komponen yang ada di dalam PC tersebut, baik itu Motherboard, CPU, RAM, VGA, Cooling, Fan, SSD, HDD dan lain sebagainya. Tanpa PSU, niscaya mau semahal se-High End CPU dan VGA Card yang kamu miliki tidak pernah bisa digunakan. Lah iyalah kan tidak bisa nyala! Hahaha..

Permasalahan tentang Power Supply Unit ini sebenarnya sudah pernah admin bahas memalui tutorial berjudul seberapa penting PSU pada sebuah PC di sini. Di artikel tersebut admin juga singgung seberapa penting sebenarnya merek pada sebuah PSU dan bagaimana cara memilih PSU yang tepat dan benar. Namun satu point yang terlewatkan adalah bagaimana cara menentukan besaran PSU yang dibutuhkan oleh sebuah PC Rakitan.

Yup, semua PSU yang dijual di pasaran memiliki kapasitasnya masing-masing. Ada PSU dengan kapasitas 350W, 450W, 500W, 520W, 550W, 650W, 750W, 800W, hingga 1200W. Nah besaran W atau WATT juga akan menentukan harga dari PSU itu sendiri. Lantas bagaimana cara menentukan besaran WATT PSU pada sebuah PC? Apakah tinggal beli saja PSU 1200W?

Eit.. jangan lah, itu namanya overkill. Nanti malah semua budget kamu habis beli PSU saja. Tahu sendirilah kan harga komponen komputer sekarang sedang mahal semua, terutama untuk RAM dan VGA. Admin sendiri awalnya juga seperti itu, bingung menentukan besaran kapasitas PSU yang dibutuhkan ketika merakit PC yang pernah admin bagikan di sini. Admin main tebak saja beli PSU 750W. Namun setelah dikalkulasi ternyata PSU yang admin butuhkan cuma 350W.

Lantas bagaimana caranya admin bisa mengetahui besar PSU yang dibutuhkan cuma 350W? Tidak lain karena bantuan sebuah tool bernama PSU Calculator. Yup sebuah tool yang biasanya ada di website produsen PSU. Berikut ini admin akan tampilan beberapa daftar dari PSU Calculator yang bisa kamu gunakan:
- Cooler Master di sini
- OuterVision di sini
- Seasonic di sini
- Newegg di sini
- BeQuiet di sini
- MSI Global di sini
- Asus di sini

Cara pengisiannya juga sangat mudah kok:
1. Tentukan saja mau build PC Platform AMD atau Intel
2. Kemudian pilih soket berapa, semisal AMD di AM4
3. Setelah itu tentukan CPU nya generasi ke berapa
4. Lalu Motherboard yang digunakan juga dari merek mana
5. Setelah itu RAM, VGA, SSD, HDD, serta tambahan komponen lain yang ingin kamu rakit nanti di PC tersebut
6. Setelah itu tinggal kamu tekan tombol calculate
7. Secara otomatis nantinya hasil dari semua data yang sudah kamu masukkan tadi akan dijumlahkan dan langsung muncul PSU mana yang cocok dengan rakitan PC kamu

Saran dari admin saat memilih PSU nanti perhatikan:
1. Kapasitas PSU usahakan di atas WATT PSU yang direkomendasikan. Semisal yang setelah dikalkulasi adalah PSU 350W, maka belilah minimal PSU 450W atau 500W. Hal ini dilakukan misalkan nanti kamu ingin mengoverclock CPU, RAM dan VGA, maka dibutuhkan Supply daya lebih. Selain itu penambahan aksesori semisal fan, AIO Water Cooler juga membutuhkan daya. Oleh karena itu jangan benar-benar memilih kapasitas PSU yang direkomendasikan. Admin sendiri memilih PSU yang 520W.
2. Gunakanlah PSU Calculator dari produsen yang nantinya akan kamu beli. Sebagai contoh nih, admin RacikPC.com akan membeli PSU dari Seasonic, maka gunakanlah Tool PSU Calculator dari Seasonic. Tujuannya tidak lain agar PSU yang direkomendasikan sesuai dengan PSU yang akan kamu beli dari produsen tersebut.
3. Pilihlah PSU yang sudah minimal sertifikat 80+ Bronze supaya daya yang disupply oleh PSU tersebut terjamin murninya
4. Ini opsional, tapi kalau memang punya budget lebih, belilah PSU yang sudah Modular. Tujuannya agar penataan kabel di dalam Case PC nanti lebih rapi.

Berikut ini admin sertakan juga prakteknya dalam bentuk video:


Pada dasarnya jika kamu membeli PSU yang sudah punya nama alias bermerek, maka point ketiga tidak harus diperhatikan lagi karena PSU dari merek-merek terkenal sudah mendapatkan sertifikat minimal 80+ Bronze. Namun beda cerita jika PSU tersebut dari produsen abal-abal.

Oh iya, bicara soal PSU abal-abal untuk tidak mudah tergiur dengan PSU harga murah tapi belum jelas siapa pembuatnya serta track recordnya. Bisa-bisa tujuan awal ingin rakit PC malah bikin kembang api , hahaha... sekian artikel tentang bagaimana cara menentukan besaran PSU yang dibutuhkan untuk merakit PC. Semoga artikel ini menambah referensi kamu yang sedang mencari PSU. Jika ada yang kurang atau keliru silahkan koreksi di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Salam admin RacikPC.com

Panduan Lengkap Cara Menentukan Besaran WATT Kapasitas Sebuah PSU Ketika Merakit PC: Based on Pengalaman Sendiri