Sebaiknya Install Game PC di SSD Atau HDD Biasa? Apakah Benar Bisa Menambah FPS? Based on Pengalaman Sendiri

Lebih baik install game di SSD atau HDD biasa saja ya? Dengar-dengar jika menginstall game di SSD bisa menambah FPS? Apakah benar seperti itu? Kalau iya SSD seperti apa? Atau malah mubazir saja menginstall game di SSD? Untuk menjawab itu semua, sudah admin buatkan artikel khusus berikut ini based on pengalaman. Silahkan dibaca baik-baik.

Sebaiknya Install Game PC di SSD Atau HDD Biasa? Apakah Benar Bisa Menambah FPS? Based on Pengalaman Sendiri

Sebaiknya Install Game PC di SSD Atau HDD Biasa? Apakah Benar Bisa Menambah FPS? Based on Pengalaman Sendiri
Sebaiknya Install Game PC di SSD Atau HDD Biasa? Apakah Benar Bisa Menambah FPS? Based on Pengalaman Sendiri

Pertanyaan menarik nih, karena admin juga sempat bertanya-tanya "Apakah lebih baik install game di SSD atau cukup di HDD saja?" Karena kita tahu sama-sama jika kecepatan SSD atau Solid State Drive jauh lebih cepat dari pada Drive konvensional seperti Hard Disk. Hal ini bisa terlihat dari proses booting Windows yang hanya butuh sekian detik saja ketika SSD digunakan sebagai tempat booting Windows.

Admin sendiri adalah salah pengguna dari sekian banyak pengguna komputer yang sudah ketergantungan sekali pada SSD. Baik itu laptop Acer E5-475G yang pernah admin review di sini serta PC Gaming dan Video editor yang pernah admin bagikan spesifikasi raciknannya di sini pun semuanya menggunakan SSD tipe M.2 sebagai media booting Windows. Rasanya seperti kembali lagi ke jaman batu jika tetap bertahan menggunakan HDD.

Namun masalah paling besar dari SSD adalah harganya yang mahal ga ketulungan. Coba saja kamu bandingkan, untuk SSD sebesar 128GB saja sekarang sudah 800 ribu rupiah, bandingkan dengan HDD yang sudah bisa dapat 1 TB. Belum lagi jika kamu ingin mengambil SSD 256GB maka harganya sekarang sudah menyentuh 1,4jt sedangkan di kubu HDD bisa dapat 2TB dan itu masih ada sisa uang kembaliannya.

Perbandingan Booting Windows melalui SSD dan HDD bisa kau lihat pada video berikut:
Nah kalau proses booting Windows melalui SSD saja bisa sekencang itu, apakah jika data game atau game yang kita install di SSD juga akan bisa sekencang itu pula?

Admin RacikPC.com sendiri sudah mencoba menginstall game GTA V Original Steam di SSD maupun HDD. Sejauh yang admin dapatkan memang cukup signifikan menambah lancar bermain game GTA V di SSD, terutama ketika start up game tersebut. Namun ketika sudah berada di dalam permainan, maka kesan perbedaan tersebut antara bermain game GTA V menggunakan SSD dengan menggunakan HDD biasa tidak kentara, bahkan sama saja.

Jadi kesannya malah menyia-nyiakan kapasitas kosong yang ada di SSD. Walaupun sebenarnya SSD M.2 admin juga cuma dipakai untuk menginstall Windows 10 PRO serta aplikasi yang sering dipakai semisal Adobe Premier PRO, Adobe Photoshop dan lain sebagainya. Walaupun memang ada sebagian orang yang merasakan jika ada peningkatan yang cukup signifikan ketika menginstall Game di SDD ketimbang HDD. Yah setidaknya itulah yang admin rasakan sendiri.


Hal yang paling terasa sekali adalah ketika dulu Laptop admin masih menggunakan HDD biasa sehingga 1 Hard Disk tersebut dipakai bersama baik untuk install game maupun Windows 10. Nah di situ admin baru bisa merasakan jika ada perbedaan yang mana proses start up game GTA V jadi lebih lama, belum lagi terkadang admin menemukan Miss Texture, yaitu kondisi dimana pada saat Player berjalan mengendarai mobil, maka map atau gambar tidak ter-load semua (telat load).

Tentunya kembali lagi ke pilihan kamu masing-masing apakah tetap ingin menginstall game di HDD biasa atau lebih memilih SSD. Mengingat harga SSD yang mahal plus kapasitas penyimpanan yang kecil, membuat kamu mau tidak mau cuma bisa menginstall beberapa game saja di SSD tersebut. Kalau boleh saran sih lebih ekonomis jika Windows tetap install di SSD sedangkan Game di install di HDD terpisah alias HDD tersebut cuma dipakai untuk install game saja.

Sekian artikel tentang Apakah lebih baik install game di SSD atau HDD konvensional. Apa yang admin tuliskan ini murni berdasarkan pengalaman admin sendiri selama menggunakan Laptop dari Acer E5-475G dan PC rakitan saat ini. Jika kamu punya pendapat atau pengalaman sendiri terkait topik ini silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin RacikPC.com

Sebaiknya Install Game PC di SSD Atau HDD Biasa? Apakah Benar Bisa Menambah FPS? Based on Pengalaman Sendiri