Perhatikan 6 Point Penting Ini Pada Saat Memilih Heatsink Fan (HSF) untuk PC Rakitanmu: Panduan Khusus Pemula - Based on Pengalaman

Masih bingung menentukan HSF yang tepat untuk PC Rakitan kamu? Bingung bagaimana cara memilih Heatsink Fan yang benar? Ini akan admin bagikan 6 Point penting yang perlu kamu perhatikan ketika membeli HSF berdasarkan pengalaman sendiri agar tidak salah langkah. Baca baik-baik hingga selesai artikel ini.

Perhatikan 6 Point Penting Ini Pada Saat Memilih Heatsink Fan (HSF) untuk PC Rakitanmu: Panduan Khusus Pemula - Based on Pengalaman

Perhatikan 6 Point Penting Ini Pada Saat Memilih Heatsink Fan (HSF) untuk PC Rakitanmu: Panduan Khusus Pemula - Based on Pengalaman
Perhatikan 6 Point Penting Ini Pada Saat Memilih Heatsink Fan (HSF) untuk PC Rakitanmu: Panduan Khusus Pemula - Based on Pengalaman

Sebuah PC atau Komputer pastinya membutuhkan sebuah cooler yang memadai. Hal ini tidak lain untuk menjaga agar hawa panas yang berada di dalam unit PC tersebut bisa dikeluarkan secepat mungkin sehingga tidak mengakibatkan Thermal Throttling yang mana efek dari Thermal Throttling ini dapat menurunkan clock speed dari CPU, GPU, serta komponen lainnya.

Di pasaran sendiri sebenarnya terdapat 2 jenis cooler yaitu HDF dan Water Cooling. Kedua jenis cooler tadi juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis. ada yang HSF full Tower, HSF low profile. Sedangkan untuk Water Cooler sendiri terbagi menjadi dua yaitu pre-build Water Cooler dan Custom Water cooler. Mana yang lebih baik untuk mendinginkan PC? Untuk urusan yang satu ini akan admin bahas menjadi satu artikel sendiri. Sedangkan untuk artikel kali ini admin lebih fokus pada HSF saja.

Yup HSF atau Heatsink Fan adalah salah satu jenis cooler pada PC yang sudah admin singgung di atas tadi. Sebuah cooler yang mengandalkan penghantar panas dari CPU ke pipa tembaga kemudian dilanjutkan ke Heatsink. Sedangkan fan atau kipas disini berfungsi sebagai peniup hawa panas ataupun juga menarik hawa panas tadi agar bisa dengan segara dihembuskan ke luar casing PC. terkadang juga ada jenis HSF yang punya 2 fan sekaligus.

Di kalangan builder PC ada semacam keyakinan jika semakin besar HSF nya maka akan semakin baik juga mendinginkan CPU. Anggapan tersebut tidak salah sih, karena admin RacikPC.com juga berpikiran seperti itu. Logikanya hawa panas akan lebih merata masuk ke Heatsink dari pada Heatsink nya kecil. Namun ternyata anggapan tersebut tidaklah sepenuhnya benar, karena ada jenis custom HSF low profile contohnya dari Noctua NH-L9i yang bisa diajak overclock.

Sebenarnya tidak ada benar-benar panduan cara memilih HSF atau Heatsink Fan yang tepat. Namun lebih kepada point-point apa saja yang perlu diperhatikan, mengingat di jaman sekarang ini ada banyak sekali jenis HSF. Mulai dari HSF yang mengandalkan Fan atau kipas sebagai peniup udara panas, dan ada juga HSF yang sudah menggunakan peltier. Dari sekian banyak jenis HSF tersebut, tentu ada HSF yang benar-benar sesuai dengan profile PC kamu. Oleh karena itu dari pada salah beli, lebih baik coba baca beberapa point penting pada saat membeli HSF:

Banyak Heat Pipe
Pada tahukan Heat Pipe itu apa? itu tuh sebuah pipa dari tembaga yang bentuknya memang seperti pipa. Fungsi dari Heat Pipe Sendiri adalah menyalurkan panas ke Heatsink. Walau memang banyaknya Heat pipe tidak menjadi patokan utama dalam menurunkan suhu karena juga bergantung dari besar Heat pipe itu sendiri. Namun apa salahnya jika kamu memilih HSF yang punya Heat Pipe banyak.

Posisi Heat pipe Langsung Kontak Ke CPU
Posisi strategis dari sebuah Heat pipe yang admin sering tonton review nya adalah yang langsung bersentuhan dengan CPU atau prosesor. Hal ini dimaksudkan agar panas dari CPU bisa langsung berjalan ke Heat Pipe tanpa ada perantara lain. Maka dari itu usahakan untuk membeli HSF yang Punya Heat Pipe kontak langsung ke CPU

Dual fan
Sebenarnya sih tidaklah mutlak, karena HSF yang cuma punya single fan pun tetap bisa menarik hawa panas keluar case dengan baik. Namun begitu dengan adanya dual fan maka aliran udara yang terhadap keluar akan lebih cepat dan bertenaga. Selain itu juga menambah kesan estetika di PC Case kamu.

Punya Mounting Lengkap
Pada HSF sekarang sebenarnya sudah banyak menyediakan macam-macam mounting mulai dari socket Intel LGA 2011-3 / 2011 / 1156 / 1155 / 1151 / 1150 / 775
hingga AMD AM4 / AM3+ / AM3 / AM2+ / FM2+ / FM2 / FM1. Namun ada baiknya kamu tanyakan ke penjual tentang kelengkapan mounting ini agar nantinya tidak membeli mounting tambahan.

Tidak Memakan Space Banyak
Salah satu dilema membeli custom HSF adalah memakan tempat, terutama space RAM atau Memory. Sebagai contoh admin RacikPC.com menggunakan HSF dari Cooler Master Hyper 212 yang mau tidak mau memakan space RAM. Sehingga cuma 3 slot saja yang bisa digunakan untuk menaruh RAM, sedangkan satu slot nya lagi terpakai oleh HSF ini.

Bahan yang Solid
Solid dan ringan, admin kawatirnya HSF tipe full Tower yang terlalu gede malah bisa bikin Motherboard bending atau bengkok. Tapi sepertinya itu cuma kekhawatiran admin saja.
Selain HSF, faktor lain yang tak kalah penting dari cooler PC adalah Air Flow atau jalur udara serta seberapa sesak isi dari case PC kamu. Untuk yang satu ini bisa kamu baca-cara tentang cara memilih Casing PC yang baik dan benar di sini. Di situ admin juga sudah jabarkan pengalaman admin ketika dulu memilih case.


Apapun HSF yang kamu pilih, sesuaikan dengan bentuk ruang dari Casing PC kamu, jangan sampai malah menghalangi komponen lain atau malah memakan space dari komponen lain. Khusus untuk HSF tipe Tower, perhatikan juga tinggi maksimal HSF dengan maksimal ruang yang bisa ditampung oleh casing PC, karena ada beberapa kasus setelah dipasang HSF, side cover Case PC malah tidak bisa dipasang karena mentok dengan HSF tadi.

Silahkan tulis di kolom komentar jika ada yang kurang dipahami, atau ada yang keliru dari penjelasan admin, dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin RacikPC.com

Perhatikan 6 Point Penting Ini Pada Saat Memilih Heatsink Fan (HSF) untuk PC Rakitanmu: Panduan Khusus Pemula - Based on Pengalaman