Masih Mungkinkah Rakit PC 4 Juta Bisa Main Game PUBG dan The Witcher 3? Ini Rekomendasi Racikannya

Jaman sekarang Duit 4 Juta apakah masih mungkin bisa dapat PC Rakitan yang bisa sekaligus diajak bermain PUBG? Soalnya harga RAM dan VGA Card sedang mahal. Hemm.. coba tunggu sebentar... Yup ada kok dan masih sangat mungkin. Ini dia resep rakitan PC 4 Juta bisa main PUBG ala admin RacikPC.com

Masih Mungkinkah Rakit PC 4 Juta Bisa Main Game PUBG dan The Witcher 3? Ini Rekomendasi Racikannya

Masih Mungkinkah Rakit PC 4 Juta Bisa Main Game PUBG dan The Witcher 3? Ini Rekomendasi Racikannya
Masih Mungkinkah Rakit PC 4 Juta Bisa Main Game PUBG dan The Witcher 3? Ini Rekomendasi Racikannya

Mulai tahun 2017 hingga tahun 2018 ini atau tepatnya pada saat admin membuat artikel ini. Game besutan Bluehole Studio yaitu PUBG atau PlayerUnknown’s Battlegrounds masih menjadi game yang paling banyak ingin dimainkan oleh para gamer Indonesia, terutama mereka yang suka sekali gendre TPS (Third Person Shooter) dan juga FPS atau First Person Shooter) serta Battle Royale.

Karena game PUBG sendiri sejauh ini hanya berfokus pada game Multiplayernya, sehingga wajar jika kamu tidak bisa menemukan misi single playernya. Yah kabar buruk buat admin yang justru lebih suka Single Player, hehehe.. Well apa pun itu PUBG sejauh ini masih tetap menjadi game yang paling ditunggu diskonnya di Steam. Termasuk juga PC rakitannya.

Yup pada artikel terdahulu admin RacikPC.com pernah membuatkan racikan PC PUBG seharga 5 Jutaan di sini. Sepertinya banyak yang suka dengan racikan PC tersebut sehingga admin ingin coba memperbaruinya dan kali ini admin datang dengan resep rakitan PC yang fresh dan tentunya lebih gila lagi. Karena admin akan menekan budget seminim mungkin agar semua gamer kere hore seperti admin bisa ikut memainkan game PUBG ini.

Dan yang akan menjadi komposisi utamanya adalah APU terbaru dari AMD Lini Ryzen yaitu Ryzen 2200G yang mana CPU ini sudah terdapat GPU integrated di dalamnya dan yang menarik adalah GPU tersebut tidak lagi menggunakan arsitektur Polaris, melainkan Vega. Yup, sepertinya sudah tidak perlu admin jelaskan panjang lebar lagi ya karena mayoritas dari kamu yang ingin merakit PC pasti sudah menonton Review nya di YouTube.

Well, kedengarannya seperti mengkhayal saja bisa punya PC seharga 4 Juta-an rupiah yang bisa sekaligus diajak bermain PUBG. Apalagi di tambahan harga RAM dan VGA Card sekarang yang super gila mahalnya. Sekalipun ada maka jumlahnya sedikit alias langka. Hal ini tidak lain karena permintaan dari pada penambang Bitcoin a.k.a miner masih tinggi. Otomatis para gamer kere hore kayak admin RacikPC.com cuma bisa gigit jari.

Namun begitu bukan berarti tidak ada sama sekali harapan untuk bisa bermain PlayerUnknown’s Battlegrounds di PC seharga 4 Juta Rupiah. Tentu ada kok, namun dengan catatan kamu benar-benar harus jeli dan super kritis memilih part komputer tersebut. Mengingat di rentang budget 4 juta rupiah ini, tentu akan ada beberapa part yang dikorbankan karena itu tadi ingin bisa menekan budget seminim mungkin.

Berikut adalah spesifikasi racikan PC PUBG 4 Jutaan:
- CPU: AMD 2200G = 1.500.000,-
- Motherboard: BIOSTAR A320MH PRO AM4 = Rp 790.000
- RAM: GEIL DDR4 AMD EDITION EVOXRGB LEDBLACK HEATSPREADER 8Gb(2x4) = 1.385.000
- PSU= COOLER MASTER PSU MWE 450 WATT = 505.000
- Casing: SEGOTEP mATX GAMING CASE CAYMAN - No DVDRW slot = Rp 195.000 atau SEGOTEP POLAR LIGHT Black MATX Gaming Case = Rp 360.000

PC rakitan di atas bisa kamu ajak bermain game PUBG di resolusi Full HD atau 1080p, namun dengan low preset dan High distance. Dari video review yang admin tonton, APU Ryzen 2200G ini bisa dapat FPS Average 42 dan minimumnya 22 FPS dan akan lebih tinggi lagi Frame Per Second nya jika monitor yang kamu gunakan sekarang masih beresolusi HD atau 1360x768.

Selain game PUBG, racikan PC 4 Juta-an di atas juga sudah bisa kamu ajak bermain: DOTA II (Avg: 48 Min: 34 Best Looking Preset)
- CSGO (Avg: 108 Min: 39 High/Max Preset)
- Overwatch (Avg: 70 Min: 58 Medium Preset)
- The Witcher 3 (Avg: 29 Min: 13 Low Preset)
- Watch Dogs 2 (Avg: 30 Min: 13 Low Preset)
- Assassin's Creed Origins (Avg: 26 Min: 19 Very Low Preset)
- Rise of The Tomb Raider™ (Avg: 36 Min: 24 Lowest Preset)
- Deus EX: Mankind Divided (Avg: 24 Min: 4 Low Preset)
- Wolfenstein 2 (Avg: 44 Min: 35 Low Preset)


Seperti yang sudah admin sebutkan di atas tadi. Semua di test pada resolusi monitor 1080p atau full HD dan sangat direkomendasikan untuk downgrade ke 720 jika supaya FPS yang didapatkan semakin playable. AVG= Average atau rata-rata.

Loch min, kok daftar di atas tidak ada VGA Card nya? Iya memang benar tidak ada Dedicated VGA Card nya. Admin sengaja ditidak memasukkannya, bukan karena lupa nulis. Tahu sendirilah harga VGA Card sekarang masih mahal. Jadi lebih baik menggunakan GPU integrated dari Ryzen 2200G dulu saja sembari nanti menunggu harga VGA Card turun atau stabil. Nah pada saat itulah kamu baru beli VGA Card nya.

Sedangkan untuk casenya sendiri silahkan kamu sesuaikan saja pada selera masing-masing. Kalau bisa sih seminim mungkin budget yang dikeluarkan untuk case tersebut. Lebih bagus lagi misal kamu bisa dapat case seken. Sekian rekomendasi racikan PC 4 jutaan rupiah sudah bisa main PUBG. Jika kamu punya rekomendasi saran racikan PC lainnya silahkan tulis di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat, salam admin RacikPC.com

Masih Mungkinkah Rakit PC 4 Juta Bisa Main Game PUBG dan The Witcher 3? Ini Rekomendasi Racikannya