Mana yang Lebih Bagus, SSD 2.5 Inchi atau SSD M.2? Terus Apa Perbedaan Serta Kelebihannya? Simak 4 Point Berikut!

Banyak dari kamu mungkin ada yang masih bingung ketika dihadapkan pada sebuah pilihan terlebih ketika ingin merakit PC. Pilih SSD SATA atau SSD M.2? Apakah kedua SSD tersebut sama? Terus apa yang membedakannya? Soalnya dari segi harga juga punya selisih 100 hingga 200rb. Nah jika itu yang sedang kamu rasakan sekarang, silahkan simak uraian admin berikut ini.

Mana yang Lebih Bagus, SSD 2.5 Inchi atau SSD M.2? Terus Apa Perbedaan Serta Kelebihannya? Simak 4 Point Berikut!

Mana yang Lebih Bagus, SSD 2.5 Inchi atau SSD M.2? Terus Apa Perbedaan Serta Kelebihannya? Simak 4 Point Berikut!
Mana yang Lebih Bagus, SSD 2.5 Inchi atau SSD M.2? Terus Apa Perbedaan Serta Kelebihannya? Simak 4 Point Berikut!

Solid State Drive atau SSD sudah menjadi kebutuhan dasar buat para PC Builder. Betapa tidak, dengan adanya SSD maka proses booting Windows serta aplikasi yang sudah terinstall di dalamnya semisal Adobe Photoshop, Adobe Premier, Microsoft Office serta beragam aplikasi lainnya bisa dengan sangat cepat dijalankan. Hal ini tidak lain berkat adanya sekumpulan chip atau IC yang mana berfungsi sebagai pengganti dari piringan cakram pada HDD.

Dengan segala kelebihan tersebut seperti yang sudah admin pernah jelaskan pada artikel berjudul lebih baik install game di SSD atau HDD di sini. Tentu sangat sulit sekali untuk berpaling ke HDD lagi, terlebih jika digunakan sebagai media booting Windows. Di pasaran sendiri terdapat 3 jenis SSD yaitu SSD SATA 2.5 inchi, SSD M.2 SATA dan SSD M.2 NVME. Admin RacikPC.com akan coba sederhanakan saja menjadi dua jenis SSD yaitu SSD 2.5 Inchi dan SSD M.2

Banyak dari kamu yang baru ingin merakit sebuah PC mungkin bertanya-tanya, apa sebenarnya perbedaan antara SSD Sata dengan SSD M.2? Sama, admin juga awalnya seperti itu. Terlebih soal urusan harga juga tidak terlalu jauh perbedaannya. Lantas mana yang lebih bagus digunakan? SSD SATA atau SSD M.2?

Hemm.. admin secara pribadi belum pernah menggunakan SSD tipe SATA 2.5 inchi karena awal pertama kali punya laptop (Acer E5-475G yang pernah di review di sini) langsung dapat slot SSD tipe M.2. Namun dari yang admin baca-baca di mbah Google, SSD tipe M.2 adalah pengembangan dari SSD 2.5 inchi yang berfokus pada mobilitas. Nah mobilitas di sini maksudnya adalah agar SSD bisa dikemas dalam bentuk kecil dan ringkas, yang mana form factor seperti ini cocok untuk Laptop apalagi Ultrabook. Akan tetapi speed Write dan Read nya sedikit lebih kencang dari SSD SATA 2.5 Inchi.

Supaya lebih mudah dipahami, berikut ini admin buatkan daftar kelebihan SSD M.2:

Ringkas dan Hemat Tempat
Ini dia point utama dari SSD M.2, ringkas dan hemat tempat. Yup karena tujuan awal dibuatnya SSD M.2 adalah untuk menghemat ruang fisik komputer, yang mana ini biasanya terjadi pada laptop. Apakah PC juga bisa menggunakan SSD tipe M.2? Tentu saja bisa, selagi Motherboard kamu punya slot SSD M.2 juga atau mau membeli PCI Express converter to SSD M.2

Konsumsi Daya Lebih Rendah
Karena tujuan awal dari SSD M.2 adalah untuk pasar laptop, maka sektor daya pun menjadi fokus utama. Admin sendiri kurang tahu detail dari konsumsi daya SSD M.2 tapi rata-rata 5 hingga 6 Watt. Ini juga bergantung dari produsen si pembuat SSD M.2 tersebut. Di PC Desktop 5 atau 6 Watt tersebut memang tidak berarti tapi beda cerita jika di Laptop dan Ultrabook yang mana akan berpengaruh besar pada daya tahan baterai.


Kecepatan Speed Write dan Read Kencang
Sifatnya relatif sih sebenarnya. Selagi SSD 2.5 inchi dan SSD M.2 tersebut masih bertipe SATA, maka soal speed baca dan tulis masih tidak terlalu jauh perbedaannya. Nah beda cerita jika SSD M.2 yang kamu gunakan tersebut sudah bertipe NVME. Itu baru benar-benar kencang.

Kesimpulan
Jika kamu punya laptop dan ingin merasakan kencangnya Speed Write dan Read pada sebuah SSD. Maka tidak ada kompromi lagi wajib memilih SSD M.2, tapi perlu diingat juga pastikan laptop kamu juga punya slot SSD tipe ini. Karena kalau tidak ada ya tetap saja cuma bisa menggunakan SSD yang 2.5 inchi. Selain itu apabila Motherboard kamu cuma punya satu slot SSD M.2 dan ke depannya kamu juga ingin pasang Intel Optane Memory, maka pilihlah SSD 2.5 inchi saja kecuali kamu mau beli konverter PCI to M.2 lagi.

Sekian artikel kali ini tentang lebih baik pilih SSD 2.5 inchi atau SSD M.2. Admin menyadari jika masih banyak kekurangan dari artikel ini. Semua yang admin tuliskan pada artikel ini murni berdasarkan sudut pandang serta pengalaman admin sendiri. Jika kamu punya informasi tambahan silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, silahkan untuk +1, like dan bagikan. Salam admin RacikPC.com

Mana yang Lebih Bagus, SSD 2.5 Inchi atau SSD M.2? Terus Apa Perbedaan Serta Kelebihannya? Simak 4 Point Berikut!