Inilah Cara Jitu Menghilangkan Hard Disk Usage 100% di Windows 10: Solusi PC dan Laptop yang Lemot

Laptop atau PC kamu mulai melambat? waktu booting jadi lebih lama dari biasanya? Sudah di Scan menggunakan antivirus tapi sama sekali tidak terdeteksi adanya Virus atau Mallware lainnya? Setelah di cek ternyata Disk Usage C 100% bekerja? Sudah beragam cara kamu lakukan tapi hasilnya nihil? Coba tutorial cara menghilangkan Hard Disk 100% Usage berikut ini.

Inilah Cara Jitu Menghilangkan Hard Disk Usage 100% di Windows 10: Solusi PC dan Laptop yang Lemot

Inilah Cara Jitu Menghilangkan Hard Disk Usage 100% di Windows 10: Solusi PC dan Laptop yang Lemot
Inilah Cara Jitu Menghilangkan Hard Disk Usage 100% di Windows 10: Solusi PC dan Laptop yang Lemot

Issue seputar Disk atau Harddisk yang bekerja 100% baik itu di Windows 10 Home Single Language dan Windows 10 Pro sebenarnya tidak pernah admin temui di Windows 7, kalaupun ada maka tidak sampai 100% bekerja dimana akibatnya adalah kecepatan multitasking dari komputer melambat yang ujung-ujungnya membuat PC atau Laptop kamu lemot. Kalaupun ada masih sebatas wajar karena aktivitas Virus dan itu pun segera ditangani oleh Antivirus.

Entah kenapa pada saat admin menggunakan Laptop Acer E5-475G yang pernah admin review di sini, muncul masalah dimana Had Disk C menunjukkan aktivitas tidak wajar, dimana persentase yang ditunjukkan hingga 100% bekerja. Kelihatannya bahwa komputer kita sedang bekerja dengan baik, namun pada kenyataannya kondisi Disk 100% tersebut membuat komputer kita melambat, bahkan saat mau booting pertama kali saja butuh lebih dari 2 menit untuk benar-benar bisa digunakan membuka aplikasi lain.

Admin RacikPC.com bukannya tidak berusaha mencari cara agar bisa menghilangkan Issue atau Bug Disk bekerja 100% ini, tapi sudah beragam cara admin gunakan, namun hasilnya tidak terlalu terasa signifikan membantu. Admin juga sudah update ke versi Windows 10 terbaru melalui Windows updater, tapi Issue Disk 100% ini tetap muncul.

Nah Issue Disk 100% bekerja di Windows 10 ini baru hilang setelah admin tidak lagi menggunakan Hard Disk sebagai tempat penyimpanan Sistem operasi. Yup, admin upgrade ke SSD M.2 SATA 3 yang memang sudah tersedia slot nya di laptop Acer E5-475G. Selain issue Bug Disk 100% hilang, waktu untuk booting dari keadaan mati sampai masuk desktop pun lebih cepat. Belum lagi pada saat membuka aplikasi seperti Adobe Premier PRO, Adobe Photoshop, dan aplikasi lainnya juga terasa lebih ringan. Bahkan Browser Chrome yang sudah terinstall banyak add-on dan script di dalamnya juga sangat cepat ketika dibuka.

Benar-benar pilihan yang tepat dan terbaik untuk menghilangkan Issue Disk 100% bekerja di Windows 10, terlebih juga bisa mendongkrak performa komputer itu sendiri. Di PC yang sudah admin rakit sekarang pun sudah tidak lagi menggunakan Hard Disk sebagai media Booting System Disk C melainkan SSD M.2. Nah buat kamu yang belum tahu cara memilih SSD serta bagaimana cara memasangnya plus bagaimana supaya tidak install ulang lagi setelah pindah dari HDD ke SSD bisa ikuti panduan lengkapnya di sini.

Namun jika keuangan kamu sekarang belum cukup untuk membeli SSD terlebih harga SSD sedang naik, bisa mencoba tutorial berikut ini:
1. Silahkan ketikkan Services di pencarian Windows atau bisa juga dengan cara Win + R lalu ketikkan perintah services.msc lalu tekan enter
2. Setelah itu akan muncul jendela service yang mana memuat banyak daftar proses dari operasi sistem Windows 10 itu sendiri
3. Kemudian cari "Background Intelligent Transfer Service" lalu klik kanan > pilih properties > kemudian ubah startup type dari automatic menjadi disable > tekan ok
4. Setelah itu cari "Superfetch" > klik kanan atau klik double > ubah juga startup type nya menjadi disable
5. Kemudian cari lagi "Windows Search" > ubah startup type nya menjadi Automatic (Delay Start)
6. Kembali tekan Win + R lalu ketikkan regedit.exe
7. Lalu pergi ke direktori HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control > Session Manager > Memory Management > PrefetchParameters > EnablePrefetcher > ubah value data nya menjadi 1 dengan Based HexaDecimal > tekan OK
8. Restart


Sejauh ini sudah banyak yang coba cara di atas dan terbukti bisa menghilangkan Disk 100% Usage di Windows 10 beragam versi. Namun begitu jika nanti sudah ada dana, maka segeralah untuk upgrade ke SSD, karena banyak sekali manfaatnya. Oh iya, buat yang ingin menambah referensi tentang komponen rakitan PC, silahkan lihat rekomendasi PC gamer + Video editor admin di sini.

Sekian tutorial bagaimana cara menghilangkan Disk Usage 100% di Windows 10, apabila kamu punya cara lain yang lebih mudah, silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin RacikPC.com

Inilah Cara Jitu Menghilangkan Hard Disk Usage 100% di Windows 10: Solusi PC dan Laptop yang Lemot
  1. ini kalo gua main game Dragon nest tiba" Disk nya naik cpet 100% itu kenapa yak ?

    BalasHapus