Beginilah Cara Mudah Menghilangkan Suara Vocal Penyanyi di File Lagu MP3 untuk Karaokean

Ingin bisa karaoke-an dengan lagu favorit mu tapi belum juga menemukan file musik instrumentalnya saja? Ini admin akan bagikan tutorial bagaimana cara menghilangkan suara vokal penyanyi yang ada di lagu, pastinya karaokean kamu bakal jadi lebih seru lagi. Jika tertarik, silahkan ikuti cara mudahnya berikut ini.

Beginilah Cara Mudah Menghilangkan Suara Vocal Penyanyi di File Lagu MP3 untuk Karaokean

Beginilah Cara Mudah Menghilangkan Suara Vocal Penyanyi di File Lagu MP3 untuk Karaokean
Beginilah Cara Mudah Menghilangkan Suara Vocal Penyanyi di File Lagu MP3 untuk Karaokean

Admin racikPC.com yakin nih sebagian besar dari kita suka menyanyi entah itu lagi sedih, senang, galau, di kamar, sambil jalan, atau di kamar mandi sambil karaokean sendiri dengan shower. Tidak perlu malu kok, itu adalah hal yang wajar, dimana orang-orang ingin menyalurkan, berekspresi agar bisa keluar emosinya. Yah kegiatan karaoke sudah menjadi menu wajib untuk sebagian besar orang, apalagi sekarang ini sudah menjamur sekali tempat-tempat karaoke dengan fasilitas yang lengkap serta harga terjangkau, tinggal pilih saja tempat karaoke mana yang kamu suka.

Pernahkah kemu kepikiran untuk membuat tempat karaoke sendiri di rumah, yah setidaknya dengan setup sederhana saja semisal microphone dan speaker biasa saja tapi karena suatu hal kamu terkendala pada lagu yang sering kamu nyanyikan lantaran tidak juga bisa menemukan file instrumentalnya saja? Iya file instrumentalnya saja yang berisikan musik iringan tanpa adanya suara vokal si penyanyi?

Nah buat kamu yang masih juga belum menemukan file instrumentalnya saja dari lagu yang disukai, pada kesempatan kali ini admin akan coba bagikan tutorial bagaimana cara menghilangkan suara vokal yang ada di lagu. Caranya sangat-sangatlah mudah dan cuma butuh sebuah aplikasi gratis bernama Audacity. Untuk lebih lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini:

Bahan:
- Aplikasi Audacity di sini
- Komputer
- File lagu yang ingin dihilangkan suara vokalnya (terserah mau format .mp3, .FLAC, ACC dan sebagainya

Caranya:
1. Silahkan unduh dan install aplikasi Audacity ke komputer kamu
2. Setelah diinstall buka aplikasi Audacity tersebut kemudian pilih file > import > audio > lalu arahkan ke tempat dimana kamu menyimpan file lagu tadi
3. Setelah itu klik pada bagian samping lagu atau bisa juga dengan langsung menyorot lagu tersebut secara keseluruhan. Fungsinya sama seperti CTRL + A pada dokumen
4. Setelah itu buka efek > lalu pilih vocal remover
5. Silahkan kamu langsung tekan ok saja, biarkan opsi lainnya default
6. Secara otomatis Audacity akan memproses file lagu kamu dan akan langsung menghilangkan suara vokalnya
7. Jika sudah langsung pilih File > Eksport > WAV, MP3 (Silahkan kamu pilih mau format lagu seperti apa
8. Kemudian tekan ok atau yes untuk menyimpan
9. Agar lebih mudah dipahami, sudah admin buatkan juga tutorial ini dalam bentuk video:


Secara umum cara ini memang bisa menghilangkan suara vokal yang ada pada lagu, namun begitu tidak benar-benar bisa menghilangkan 100%. Jadi masih ada suara samar-samar dari suara vokal penyanyi. Namun begitu masih bisa terbilang nyaman untuk didengarkan apalagi untuk sekedar karaoke di rumah. Selain itu usahakan juga untuk menggunakan file lagu dengan kualitas tinggi, karena proses penghapusan suara vokal juga sangat berpengaruh dari kualitas file lagu.

Dengan kata lain semakin bagus file lagu kamu, maka semakin baik juga penghilangan suara vokal dari lagu tersebut. Admin sendiri sudah mencobanya di lagu berformat mp3 dan FLAC. Sejauh ini suara vokal dari penyanyi berhasil dihilangkan dan hanya menyisakan suara instrumentalnya saja. Sekian tutorial bagaimana cara menghilangkan suara vokal dari lagu menggunakan aplikasi Audacity. Jika dirasa bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan. Salam admin RacikPC.com

Beginilah Cara Mudah Menghilangkan Suara Vocal Penyanyi di File Lagu MP3 untuk Karaokean