Video dan Audio Tidak Singkron Pada Saat Di Edit Menggunakan Adobe Premier dan Sony Vegas PRO? Ini Cara Mencocokkannya!

Video dan Audio pada Project video kamu tidak cocok alias tidak sinkron pada saat di edit menggunakan software video editor seperti Adobe Premier PRO dan Sony Vegas PRO? Bingung bagaimana mencocokkannya? Sama, admin juga pernah seperti itu. Pada tutorial kali admin akan bagikan tutorial bagaimana menyelaraskan antara gam dan audio pada sebuah video yang akan di edit. Simak baik-baik!

Video dan Audio Tidak Singkron Pada Saat Di Edit Menggunakan Adobe Premier dan Sony Vegas PRO? Ini Cara Mencocokkannya!

Video dan Audio Tidak Singkron Pada Saat Di Edit Menggunakan Adobe Premier dan Sony Vegas PRO? Ini Cara Mencocokkannya!
Video dan Audio Tidak Singkron Pada Saat Di Edit Menggunakan Adobe Premier dan Sony Vegas PRO? Ini Cara Mencocokkannya!

Sebagai video editor atau setidaknya orang-orang yang suka mengedit video menggunakan software video editor seperti Adobe Premier PRO, Sony Vegas PRO atau yang lainnya pernah mengalami suatu fenomena yang bikin Sebal.

Dimana pada saat coba mengedit video, kita menemukan antara video dengan audio atau suaranya tidak sinkron atau tidak cocok. Semisal gerakan bibir subjek duluan kemudian selang beberapa detik barus suaranya muncul atau malah sebaliknya, videonya jalan duluan, suaranya baru muncul beberapa detik kemudian.

Fenomena video dan audio yang tidak sinkron ini wajar dan pastinya akan dialami oleh setiap para video editor, termasuk admin RacikPc.com sendiri. Sayangnya hingga saat ini admin belum begitu paham penyebab dari kenapa antara video dengan suaranya itu tidak bisa sama pada saat di edit menggunakan Adobe Premier PRO, Sony Vegas maupun video editor lainnya.

Padahal saat di Play biasa saja menggunakan Windows Media Player, VLC, MKV Player dan lain sebagainya, semua berjalan lancar. Antar Video dan Audio pun juga cocok tidak ada yang terlambat atau terlalu cepat. Namun setelah dimasukkan ke dalam video edito, barulah masalah unsyncron ini muncul.

Lebih kesal lagi pada saat di pertengahan mengedit video kita baru tahu bahwa antara video dengan audio tidak cocok, padahal di awal video tadi terlihat lancar-lancar saja. Otomatis membuat kita harus putar otak menyinkronkan sendiri secara manual antar video dan audio tersebut. Lah iya kalau durasi videonya pendek, ini panjang dan masih banyak bagian yang harus di edit, kan bisa bikin tepar!!

Ada beberapa cara yang sudah admin RacikPC.com coba sendiri agar bisa menyelaraskan antara video dan suara yang akan di edit. Nah dari beberapa cara tersebut, admin menemukan 1 cara yang paling jitu dan sejauh ini paling berhasil menyinkron file video. Adapun caranya ialah dengan mengonversi video tersebut ke format lain menggunakan bantuan sebuah video converter.

Konverter video yang admin gunakan adalah Any Video Converter dan juga AVS Video Converter. AnyVideoConverter sendiri adalah software video converter berlisensi gratis, sedangkan untuk AVS Video Converter adalah aplikasi berbayar. Nah untuk yang satu ini silahkan coba cari link unduhnya. Admin akan lebih menitik beratkan dari segi bagaimana cara menggunakannya saja.

Bahan:
- AnyVideoConterter di sini
- AVS Video Converter

Cara Menggunakan AnyVideoConter:
1. Seperti biasa install aplikasi video converter ini di Komputer kamu
2. Setelah itu jalankan aplikasinya
3. Pada bagian video size atur ke original, sedangkan untuk Quality atur ke normal
4. Beralih ke video option. Video Codec atur ke x264. Video Bitrate diatur ke 12000 atau original. Framerate ke 30 atau 60, dan yang terakhir video aspect ke auto
5. Sedangkan yang lainnya biarkan default

Cara Menggunakan AVS Video Converter:
1. Install terlebih dulu aplikasi AVS Video Converter tersebut
2. Jalankan Aplikasi AVS nya
3. Siapkan video yang akan dikonversi
4. Pada bagian preset > pilih custom
5. Video Codec > pilih H.264/AVC (Advanced Video Converter)
6. Frame Size Original
7. Framerate 30 (yang ini bisa kamu sesuaikan sendiri)
8. File Type > MP4 ISO v.2
9. Bit Rate > 41727
10. Bagian audio biarkan default


Tak dapat dipungkiri ada kelemahan besar dari cara menyelaraskan video dan suara dengan menggunakan metode di atas, terutama adalah waktu serta resource yang tinggi. Mau tidak mau kita harus mengonversi terlebih dahulu video tersebut supaya bisa cocok antara suara dan gambar. Belum lagi dibutuhkan PC yang mumpuni agar proses konversi bisa berjalan cepat.

Admin sendiri pernah mencoba mengonversi video yang akan diedit menggunakan laptop Acer E5-475G yang pernah admin review di sini, dan hasilnya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan konversi video tersebut sangat lama, belum lagi laptop sudah meraung kepanasan. Sedangkan pada saat mengonversi video menggunakan PC, waktu yang dibutuhkan jadi lebih cepat. Jadi ada plus minum menggunakan metode ini.

Jika kamu punya cara yang lebih mudah, cepat dan hemat Resource dalam menyinkronkan antara video dan audio pada saat proses editing menggunakan Adobe Premier PRO dan Sony Vegas PRO bisa tulis di kolom komentar. Baca juga tutorial bagaimana menyatukan video pada adobe Premier PRO secara cepat setalah di potong-potong di sini. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin RacikPC.com

Video dan Audio Tidak Singkron Pada Saat Di Edit Menggunakan Adobe Premier dan Sony Vegas PRO? Ini Cara Mencocokkannya!