USB Dongle Bluetooth Kamu Tidak Bisa Pairing di Windows 10? Coba 3 Cara Memperbaikinya Berikut

Sudah beli USB Bluetooth Dongle untuk PC agar bisa digunakan untuk mendengarkan lagu via Bluetooth Speaker atau Pairing ke Gamepad Controller? Tapi ketika dipasangkan sama sekali tidak mau pairing bahkan celakanya tidak bisa terdeteksi sama sekali di PC berbasis Windows 10? Ini admin punya 3 cara mengatasi masalah tersebut, silahkan dibaca baik-baik lalu dipraktikkan.

USB Dongle Bluetooth Kamu Tidak Bisa Pairing di Windows 10? Coba 3 Cara Memperbaikinya Berikut

USB Dongle Bluetooth Kamu Tidak Bisa Pairing di Windows 10? Coba 3 Cara Memperbaikinya Berikut
USB Dongle Bluetooth Kamu Tidak Bisa Pairing di Windows 10? Coba 3 Cara Memperbaikinya Berikut

Semenjak adanya Bluetooth jenis USB Dongle, semua komputer atau PC sekarang sudah bisa menggunakan komunikasi Bluetooth secara terintegrasi, hal ini juga didukung oleh sistem operasi yang digunakan baik itu Windows, Linux, maupun MAC. Eh untuk yang MAC sepertinya sudah include Bluetooth dari pembelian ya, admin RacikPC.com cuma tahu PC rakitan biasa saja.

Itu tadi tentang kemudahan teknologi dari USB Bluetooth Dongle yang bisa dengan muda dipasang melalui Port USB. Namun pernahkah kamu menjumpai masalah dimana USB Bluetooth Dongle yang sudah dibeli tadi ketika dicolokkan ke PC malah tidak bisa digunakan sama sekali.

Ini pengalaman admin sendiri ketika itu membeli sebuah USB Bluetooth Dongle dari Orico tipe BTA-403 yang mana di dalam paket pembelian tidak ada sama sekali kaset Disc tipe UMD yang biasanya bisa kamu temui paket penjualan USB Bluetooth.

Setelah admin cermati ternyata ada sejenis barcode di wadahnya dan kita disuruh untuk mengunduh drivernya via bar Code tersebut di situs Orico. Ternyata besar drivernya adalah 400 MB, anjay banget untuk sebuah ukuran driver bluetooth dan setelah admin install di PC punya ternyata sama sekali tidak bisa digunakan.

Posisi PC admin di sini menggunakan Windows 10 Pro 64bit yang sudah di latest update, cuma tetap saja setiap kali dicolokkan ke PC walau Bluetooth USB Dongle tadi terdeteksi, tetapi tidak bisa pairing dengan perangkan Bluetooth lainnya semisal Speaker Xiaomi Bluetooth, Xiaomi Gamepad, bahkan ke Smartphone Xiaomi Mi5 dan Sony Xperia Z1 juga tidak bisa. Setelah mencari berbagai sumber, akhirnya admin menemukan 3 cara dalam memperbaiki Bluetooth khususnya dari Orico BTA-403 ini diantaranya adalah:

Fix via Troubleshooting:
1. Ketikkan troubleshooting di pencarian Windows
2. Pilih Hardware and Sound
3. Kemudian pilih lagi Hardware and Devices
4. Tekan next
5. Secara otomatis Windows akan mendeteksi apakah nantinya ada masalah pada hardware

Fix Vide Device Manager
1. Ketikkan device manager pada pencarian Windows atau bisa juga dengan mengeklik kanan pada icon Windows lalu pilih device manager
2. Pada bagian Bluetooth, coba klik kanan pada Generic Bluetooth Adapter > update driver software > Pilih let me pick up > kemudian arahkan ke > Generic Bluetooth adapter
3. Nantinya akan menginstall driver Bluetooth

Fix Via Service
Nah cara ketiga ini kamu ketikkan "Service" tanpa tanda kutip di pencarian Windows. Nantinya akan muncul menu lagi tentang Service yang sedang berjalan di Windows. Kemudian cari Bluetooth Support Service. Pada tab General kamu cari Startup Type kemudian pilih Automatic. Kemudian tekan apply lalu tekan juga tombol ok. Setelah itu kamu restart PC tersebut lalu lakukan kembali pairing ke perang Bluetooth kamu


Admin RacikPC.com sendiri sukses dengan cara ketiga dan sekarang USB Bluetooth Dongle Origo sudah lancar digunakan untuk pairing dengan Xiaomi Gamepad. Sejauh ini tidak ada masalah semisal delay atau lost koneksi, cuma memang Xiaomi Gamepad tidak secara native mendukung Windows jadi ketika ingin disambungkan ke komputer agar bisa digunakan untuk bermain game-game dari Steam, maka butuh semacam emulator yang mengubah profile Xiaomi Gamepad agar dikenali di Stema sebagai Xbox Controller.

Buat kamu yang punya Xiaomi Gamepad tapi ingin menggunakannya agar bisa memainkan game-game dari Steam di PC bisa ikuti tutorial cara pairingnya di sini. Sekian tutorial dari admin bagaimana cara memperbaiki USB Bluetooth Dongle di Windows 10 (Tested Orico BTA-403) yang tidak mau terhubung atau pairing ke perangkat Bluetooth lainnya. Tutorial ini bersifat universal yang artinya bisa digunakan pada semua Bluetooth USB Dongle. Jika ada yang kurang dipahami silahkan tulis di kolom komentar, dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin RacikPC.com

USB Dongle Bluetooth Kamu Tidak Bisa Pairing di Windows 10? Coba 3 Cara Memperbaikinya Berikut