Sedang Mencari Kabel Splitter Jack Audio Combo Ke Dual Colokan? Coba Converter TRS to TRRS Ini!

Bagaimana caranya agar Headset saya yang cuma punya satu colokan Jack 3.5mm bisa digunakan pada PC yang punya dua colokan jack audio 3.5mm? Apakah ada semacam kabel Splitter audio atau butuh konverter khusus? Tolong kasih solusinya min.. Okey admin bantu, ini dia kabel Splitter Audio TRS ke TRRS Dual.

Sedang Mencari Kabel Splitter Jack Audio Combo Ke Dual Colokan? Coba Converter TRS to TRRS Ini!

Sedang Mencari Kabel Splitter Jack Audio Combo Ke Dual Colokan? Coba Converter TRS to TRRS Ini!
Sedang Mencari Kabel Splitter Jack Audio Combo Ke Dual Colokan? Coba Converter TRS to TRRS Ini!

Masih ingat dulu pas jaman-jamannya admin punya Laptop Toshiba M645, jenis colokan jack audio yang tersedia adalah double jack. Jadi antara Microphone dan Haedphone terpisah. Jadi jika kamu punya perangkat Headset, maka ada 2 buah colokan yang berbeda. Satunya berwarna merah jambu untuk Microphone dan hijau muda untuk Haedphone. Colokan double jack ini biasanya bertipe TRS atau Tip-Ring-Sleve. Orang-orang yang lama berkecimpung di dunia audio pasti sudah paham dengan jack TRS ini.

Namun semenjak lahirnya jack 3.5 mm di Smartphone atau lebih tepatnya dimulai dari Nokia seri Express Music, laptop jaman sekarang (contohnya Acer E5-475G) sudah bergeser ke jack audio tipe Combo. Hemm apa lagi itu ya? Admin RacikPC.com sendiri tidak begitu ahli menjelaskan istilah seperti ini, tapi sederhananya Jack tipe Combo ini menggabungkan 2 buah jack tipe TRS menjadi TRRS atau Ti-Ring-Ring-Sleve.

Hasilnya adalah kamu tidak akan menemui 2 buah colokan jack audio lagi pada laptop yang menggunakan jenis colokan Combo ini. Jadi cuma ada 1 colokan saja. Sayangnya untuk saat ini belum terlalu banyak Headset yang menyediakan colokan tipe Combo, dan kalaupun ada biasanya ada pada Headset mahal. Biasanya sih dikasih semacam kabel converter. Sedangkan untuk Headset kelas rakyat jelata masih didominasi oleh colokan tipe TRS alias dua colokan terpisah (Microphone dan Haedphone).

Lantas bagaimana caranya supaya kita bisa menggunakan Headset tipe TRS kepada laptop yang punya colokan Combo? Hemm.. cara termudah dan termurahnya adalah dengan membeli sebuah kabel Splitter atau kabel pemisah dari jack Combo TRRS ke TRS. Kabel ini ada banyak macamnya. namun secara umum ada 2 jenis yang dijual di pasaran. Admin sendiri pernah membahas tentang cara mengatasi kabel jack audio Combo pada laptop Acer E5-475G di sini. Sedangkan pada artikel kali ini admin akan lebih membahas tentang kabel splitter TRS 2 Colokan ke TRRS atau colokan Combo.


Jadi ini kabel Splitter adalah kebalikan dari kabel Splitter pertama. Admin sendiri membeli kabel splitter TRS Haedphone dan Microphone ke TRRS Combo 3.5mm secara tidak sengaja, dan kebetulan juga punya sebuah Headset dari Xiaomi Mi Piston 4 Dual Hybrid yang punya tipe colokan TRRS 3.5mm. Pada saat admin colokan langsung ke PC yang pernah admin rakit di sini. Hanya bagian Haedphone saja yang bisa berfungsi, sedangkan untuk microphonenya sama sekali tidak bisa digunakan.

Nah dengan menggunakan kabel Jack Splitter TRS Haedphone dan Microphone ke TRRS Combo ini, maka Headset Xiaomi Mi Piston IV admin benar-benar bisa berfungsi semuanya. Baik itu Haedphone juga Microphonennya. Admin sudah coba sendiri dengan aplikasi dari Audacity dan berjalan lancar. Buat kamu yang penasaran seperti apa bentuk dari kabel Splitter TRS ke TRRS Combo ini bisa lihat gambar di bawah ini:

Sedang Mencari Kabel Splitter Jack Audio Combo Ke Dual Colokan? Coba Converter TRS to TRRS Ini!


Nah sekarang kamu jadi tahukan ternyata ada banyak tipe kabel audio Splitter yang dijual di pasaran. Harusnya sih setelah membaca artikel ini sudah tahu jenis-jenis dari kabel Splitter Audio dan tidak salah beli lagi. Jika dirasa bermanfaat, bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Salam admin RacikPC.com
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Unknown
    Unknown 9 Oktober 2020 pukul 10.35

    Kalau suara terbalik (suara kanan di kiri) apa juga karena audio splitternya tidak cocok?

Add Comment
comment url