Palm Grip, Claw Grip dan Fingertip: Apa Hubungannya Antara Kenyamanan Menggunakan Mouse? Ini Penjelasannya

Beberapa dari kamu sebelum membeli mouse yang diincar pasti sebelumnya sudah membaca atau menonton review di YouTube dan pastinya juga pernah mendengar sitilah Palm Grip, Claw Grip dan Fingertip kan? Sebenarnya apa sih pengertian dari ketiga istilah tadi dan apa hubungannya dengan kenyamanan saat menggunakan mouse? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

 Palm Grip, Claw Grip dan Fingertip: Apa Hubungannya Antara Kenyamanan Menggunakan Mouse? Ini Penjelasannya

 Palm Grip, Claw Grip dan Fingertip: Apa Hubungannya Antara Kenyamanan Menggunakan Mouse? Ini Penjelasannya
 Palm Grip, Claw Grip dan Fingertip: Apa Hubungannya Antara Kenyamanan Menggunakan Mouse? Ini Penjelasannya

Sejujurnya admin sendiri malah baru tahu kalau ada yang namanya istilah Palm Grip, Claw Grip dan Fingertip dalam dunia per-mouse-an. Yah selama ini admin pakai mouse apa adanya dan tidak terlalu memperdulikan soal fitur atau apapun itu di dalamnya. Mengingat menurut admin fungsi sebuah mouse itu ya buat klik kanan, klik kiri, scroll dan gerakin pointer di PC. Sudah itu saja.

Justru target utama admin membeli mouse sebenarnya bukan masalah fitur apalagi sampai membahas istilah Palm Grip, Claw Grip dan Fingertip. Beuh..pokoknya jauh banget. Fokus admin saat membeli mouse adalah murah, punya durabiliti yang bagus dan kalau bisa sih Wireless. Oleh karena alasan seperti itu juga, mouse yang admin beli pada saat itu tidak lebih dari 50 ribu rupiah. Belum lagi mouse yang sudah rusak klik kirinya sering admin perbaiki sendiri. Walhasil jadi lebih lama lagi buat beli Mouse baru.

"Jadi min, apa yang dimaksud dengan Palm Grip, Claw Grip dan Fingertip itu tadi?" Secara tidak sadar sebenarnya pada saat membeli mouse, admin RacikPC.com sudah mempraktikkan istilah Palm Grip, Claw Grip dan Fingertip ini. Cuma mungkin belum tahu saja istilah tersebut. Yah, sekalipun murah saat membeli mouse, ada satu lagi yang admin perhatikan yaitu kenyamanan.

Kenyamanan di sini lebih kepada apakah mouse tersebut sudah sesuai dengan grip tangan admin sendiri, serta kebiasaan admin dalam memegang mouse. Jadi mouse yang admin bukan sekedar murah saja. Soal kenyamanan dalam penggunaan mouse ini juga berpengaruh dari kebiasaan kamu dalam menggenggamnya.

Nah cara menggenggam mouse ini ternyata terbagi dalam 3 bentuk yaitu Palm Grip, Claw Grip dan Fingertip. Admin tahu istilah ini setelah cukup sering menonton review mouse yang ada di YouTube. Para reviewer mouse sering kali menyebutkan ketiga istilah tersebut. Walau cukup sering disebutkan, namun admin sendiri sebenarnya kurang begitu paham dan akhirnya mencari sendiri penjelasan dari ketiga istilah tadi.

Hasil yang admin dapatkan adalah admin adalah pengguna mouse bertipe genggam Palm Grip. Jadi Wajar saja mouse yang admin beli sering kali lebih membulat atau membulat serta agak panjang. Agar lebih jelas, admin RacikPC.com akan coba paparkan penjelasannya di bawah ini:

Palm Grip
Palm sendiri kalau diartikan ke bahasa Indonesia adalah telapak tangan. Walau sebenarnya admin sendiri sebenarnya lebih sering mendengar kata Palm ini digunakan untuk merujuk kepada perusahaan kelapa sawit. Okey Palm Grip atau pegangan telapak tangan merujuk kepada kebiasaan menggenggam mouse dengan meletakkan secara penuh telapak tangan pada area atas belakang mouse.

 Palm Grip, Claw Grip dan Fingertip: Apa Hubungannya Antara Kenyamanan Menggunakan Mouse? Ini Penjelasannya

Sedangkan unjuk jari jemari sendiri turut menempel hingga ujung tombol mouse klik kiri dan kanan. Sederhananya seperti gambar yang admin tunjukkan di atas. Kebanyakan dari pengguna mouse memang menggunakan tipe Palm Grip.

Karena dengan tipe ini terasa lebih kuat dalam menggenggam mouse, belum lagi memang memberikan kenyamanan lebih. Hanya saja untuk sebagian orang pengguna mouse tipe Palm grip agak kurang cepat dalam respon mengeklik, karena itu tadi semua jari jemari hingga telapak tangan bertumpu penuh pada mouse.

Claw Grip
Dari nama sudah mencerminkan kebiasaan dari pengguna mouse tipe Claw grip. Claw yang berarti cakar. Pada kenyataannya memang pengguna mouse tipe Claw grip tampak seolah-olah sedang mencakar, dalam artian posisi ujung telapak jangan di atas pangkal mouse, sedangkan jari jemarinya diangkat dan hanya menyisakan ujung jari pada tombol klik dan klik kiri.


Admin sendiri sebenarnya belum ketemu pengguna Mouse Claw grip ini, karena kebanyakan sih teman admin bertipe Palm Grip. Pengguna mouse bertipe Claw grip memang cenderung memilih mouse dengan ukuran yang tidak lebar, namun begitu tidak menutup kemungkinan jika mouse yang dipilih juga sering digunakan oleh pengguna tipe Palm grip. Bergantung dari seberapa besar dan lebar telapak tangannya.

Fingertip
Pada tipe ketiga ini atau Fingertip lebih kepada pangkal telapak tangan agak menjauh dari atas atau punggung mouse, sedangkan bagina yang menyentuh klik kiri dan kanan hanyalah ujung jari saja. Bisa dibilang hanya ujung jari saja yang cuma menempel di Mouse. Selain itu tidak. Biasanya orang yang memiliki kebiasaan memegang mouse tipe fingertip ini memilih ukuran mouse yang tidak terlalu panjang.

Admin sendiri pernah melihat pengguna mouse tipe Fingertip ini dulu saat masih menjadi aktivis warnet, hehehe.. Sepertinya sih kalau bosan tipe Palm grip bisa coba fingertip ini.

Walaupun kebiasaan menggunakan tipe mouse terbagi menjadi tiga yaitu Palm Grip, Claw Grip dan Fingertip. Tetap saja ini bukan faktor satu-satunya yang menentukan kenyamanan dari sebuah mouse. Masih ada banyak variabel lainnya semisal bentuk dari mouse itu apakah memang sudah ergonomis, bahan yang digunakan, fitur bahan warna.

Setiap orang pastinya punya preferensi sendiri saat memilih mouse. Ada yang lebih menitik beratkan pada harga, ada juga pada kenyamanan dan ada juga yang gratisan, hehehe.. Semoga saja informasi yang admin berikan ini bisa semakin menambah wawasan kamu tentang mouse. Jadi kalau nonton review tentang mouse sudah lebih paham maksud dari istilah Palm Grip, Claw Grip dan Fingertip. Jika dirasa bermanfaat silahkan untuk +1, like dan bagikan. Salam admin RacikPC.com

Palm Grip, Claw Grip dan Fingertip: Apa Hubungannya Antara Kenyamanan Menggunakan Mouse? Ini Penjelasannya