Kasih Saya Alasan Kenapa Harus Beli Game Original Ketimbang Bajakan! Terus apa Kelebihan Serta Kekurangannya!

Pertanyaan seperti "Kenapa sih harus beli game Original? Kan pakai game bajakan juga bisa" sudah pernah admin RacikPC.com alami sendiri, jadi jangan heran dan malu jika mungkin kamu juga pernah atau malah hingga saat ini berpikiran seperti itu. Karena admin juga pernah di fase seperti itu dan untuk suatu alasan juga admin masih melakukannya.

Kasih Saya Alasan Kenapa Harus Beli Game Original Ketimbang Bajakan! Terus apa Kelebihan Serta Kekurangannya!

Kasih Saya Alasan Kenapa Harus Beli Game Original Ketimbang Bajakan! Terus apa Kelebihan Serta Kekurangannya!
Kasih Saya Alasan Kenapa Harus Beli Game Original Ketimbang Bajakan! Terus apa Kelebihan Serta Kekurangannya!

Kalau melihat dari sebuah fungsi, tidak ada perbedaan besar antara game Original atau asli dengan game bajakan. Di Indonesia sendiri nyebut game bajakan tersebut dengan istilah Game tani, karena pak tani suka ngebajak sawah.. hehehe.. (kreatif bener). Game bajakan sendiri masih tetap tumbuh subur di dunia termasuk Indonesia. Kalau admin tangkap sendiri ada beberapa alasan kenapa para gamer lebih suka menggunakan game bajakan antara lain:

1. Game Mahal Tidak Masuk Akal
Admin setuju untuk point ini, apalagi untuk game-game kelas kakap Triple A macam GTA V, COD WW II, Battlefield 1, NFS series, Nier Automata, Assassin's Creed Origins dan lain sebagainya. 2 atau 3 lisensi dari game tersebut jika dikumpulkan bisa melebih harga PC yang kita rakit. belum lagi jika harga yang super mahal itu juga tidak termasuk dengan DLC nya. Yah itu tuh content tambahan yang terpisah dari penjualan game. Mana terkadang harga DLM hampir sama mahalnya dengan game based. Beuh bikin tambah enggan untuk membelinya

2. Susah untuk Dibeli
Sulit untuk beli di sini akan admin arahkan ke cara pembeliannya. Secara umum toko game digital seperti Steam, Uplay, Humble Bundle, Origin, Fanatical dan lain sebagainya menggunakan Dollar sebagai kurs mata uang pembelian game mereka. Buat kita gamers di Indonesia juga pasti kesulitan untuk membelinya. Belum lagi metode pembelian yang mengharuskan kita menggunakan kartu kredit atau PayPal. Sudah pasti jadi tambah sulit lagi.

Namun beruntungnya sekarang sudah banyak toko online di Indonesia yang menyediakan semacam wallet agar bisa mengisi saldo di toko game digital. Contohnya ada Steam Wallet yang bisa kamu beli menggunakan rupiah. Sedangkan untuk yang lain harus masih menggunakan Paypal atau kartu kredit.

3. Mengincar Story Line Saja
Kalau yang ini sih admin banget nih. Untuk alasan tertentu atau mungkin kamu adalah Player Solo seperti admin yang lebih suka bermain game single Player, pasti tidak akan terlalu memperdulikan soal multiplayer. Oleh karena itu juga kalau sudah tamat gamenya maka langsung dihapus dan alasan itu pula yang membuat kita para gamer tidak terlalu ada keinginan untuk membeli game original

4. Iseng Pingin Nyoba
Yah mumpung gamenya lagi ramai, pingin nyoba saja.. Kok bisa ngetop dan sebagainya. Nah biasanya sih untuk point ini alasan tersebut.

Apakah admin RacikPC.com sendiri masih menggunakan Game bajakan? Secara keseluruhan sudah tidak lagi, karena secara perlahan admin sudah memainkan game original. Tidak bisa dipungkiri sih, admin juga paham kok game-game original itu memang mahal dan bahkan ada yang sampai 1 Juta Rupiah untuk versi yang Full DLC contohnya seperti Call of Duty World War II dan Assassin's Creed Origins.

Namun Begitu masih ada banyak juga kok game-game original yang harganya murah, bahkan bisa di bawah 100 ribu. Jadi tidak selamanya game asli itu mahal. Apalagi sekarang sudah ada yang namanya toko digital online game seperti Steam, Uplay, Origins, Humble Bundle dan lain sebagainya, yang menjadikan kamu lebih mudah untuk mendapatkan game original dengan harga diskon yang super terjangkau.

Contohnya Steam dan Humble Bundle tuh yang suka kasih diskon game banyak. Humble Bundle yang suka kasih game dalam bentuk borongan dan cukup dibayar dengan harga sampai diskon 75%. Supaya lebih sistematis dan terperinci, berikut ini admin sertakan juga alasan kenapa harus membeli game Original:

1. Support Developer Game Kesayangan
Pastinya mereka para developer game juga punya keluarga, anak dan istri seperti kita yang hidupnya menggantung dari membuat game. Coba dipikir, mereka sudah buat game capek-capek (terlepas dari bagus atau tidak), tapi setelah dibuat dengan susah payah, eh malah dibajak. Kalau kamu yang digituin gimana rasanya? Boro-boro mau dapat untung, ini malah bangkrut, yang ujung-ujungnya kamu tidak bisa lagi memainkan game-game keren dari mereka (developer kesayanganmu)

2. Data Save Game Bisa Disimpan ke Penyimpanan Awan atau Cloud
Ini dia nih yang bikin para gamer bajakan akan sulit untuk menirunya. Yup, semua data game yang sudah kamu mainkan bisa disimpan secara online. Bayangkan coba sudah main lama-lama dengan segala achievment yang didapatkan, eh ternyata harus hilang entah lantaran gamenya yang corrupt atau komputer kamu yang kena virus. Kan pasti sayang sekali, mau main dari awal lagi sudah bosan duluan.

Hal ini tidak akan terjadi jika kamu memainkan game Original a.k.a asli, karena semua data game disimpan secara online ke server tempat si pembuat game atau sinkron langsung ke Steam cloud. Mau install ulang berapa kali pun, data game yang pernah kamu mainkan akan dengan sangat mudah direstore kembali.

3. Dapat Achievment atau Penghargaan
Sudah menjadi sifat alamiah manusia jika ingin dihargai atau diberi penghargaan dari setiap apa yang mereka lakukan, termasuk juga dalam dunia game. Saat kita bermain game, ada kalanya kita bisa menyelesaikan sebuah misa dan mendapatkan sebuah achievment yang kalau kita ulang lagi rasanya mustahil karena rasio untuk mendapatkannya lagi itu sangat kecil.

Nah dengan memainkan game original, kekhawatiran kamu itu akan sirna karena setiap penghargaan yang telah kamu dapatkan akan tersimpan langsung di server developer game atau Steam cloud. Belum lagi semua achievment tersebut akan dikalkulasi sehingga bisa menaikkan level akun game kamu.

4. Bangga Bisa Punya Game Original
Ini yang admin rasakan sendiri, entah karena faktor apa tapi rasanya muncul suatu kebanggaan tersendiri bisa punya game original. Selain itu kelihatan indah sekali lihat banyak game original berjejer memenuhi library Steam. Ketimbang dulu punya banyak game di desktop tapi bajakan. Coba deh kalau tidak percaya. Rasa kebanggaan tersebut muncul sendiri dan oleh karena itu juga admin jadi sudah menghapus semua game bajakan yang pernah admin miliki.

F.A.Q:
Tanya: Sebenarnya Kenapa Ada Game Bajakan dan Apa sih Fungsi dari Game Bajakan?
Jawab: Tidak lain karena adanya permintaan, terlebih seperti yang sudah admin sebutkan di atas tadi, tidak semua orang mau dan mampu membeli game original. Selain itu juga faktor ketenaran. Yup, kayak mungkin ada suatu kebanggaan tersendiri dari para cracker game yang berhasil menjebol keamanan dari game tersebut.

Tanya: Sebaiknya Kapan Beli Game Original tapi Murah?
Jawab: Saat terbaik untuk membeli game dengan harga yang murah adalah saat-saat ada event atau hari besar, semisal di Steam ada yang namanya Summer sale dan Winter sale. Nah di 2 momen tersebut maka harga game akan didiskon besar-besaran bisa hingga 80% lebih. Untuk game Triple A sendiri apalagi yang baru bisa diskon hingga 30%.


Selain membeli, tidak selamanya game original harus dibeli kok! loch kok bisa min? Lah iya, karena beberapa dari market digital game sering membagikan lisensi game gratis kepada para anggotanya. contoh saja Humble Bundle yang memberikan 1 game gratis perbulan bahkan lebih. Selain itu ada Origins, Steam dan Fanatical. Uplay yang merupakan milik Ubisoft juga sering membagikan game-game original secara gratis. Jadi jika kamu lihat ada gamer yang mengoleksi banyak game di library nya, maka bisa jadi beberapa dari game tersebut didapatkan secara gratis.

Jika kamu tertarik bisa baca-baca artikel admin di sini tentang bagaimana cara redeem game gratis tapi orginal. Nah sekarang kamu sudah tahukan kenapa harus beli game original? Banyak faedah yang terkandung di dalamnya. Admin tidak memaksakan kamu harus membeli game asli, karena itu semua kembali ke pilihan masing-masing. Admin juga paham tidak semua gamer mau dan mampu dalam membeli game original, apalagi game-game dengan judul AAA. terutama buat pelajar yang belum bisa mencari uang sendiri.

Pesan dari admin, jika nanti kamu sudah punya penghasilan sendiri atau bisa nabung, coba dibeli game-game kesayangan yang sudah pernah kamu mainkan versi bajakannya. Yah hitung-hitung balas budi. Silahkan komen di kolom komentar jika kamu pernah punya pengalaman terkait game original dan bajakan. Jika dirasa bermanfaat jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Salam Admin RacikPC.com

Kasih Saya Alasan Kenapa Harus Beli Game Original Ketimbang Bajakan! Terus apa Kelebihan Serta Kekurangannya!
  1. Game original yang murah juga banyak, yang 1000 rupiah juga ada
    Juga pembayarannya tak harus pakai kartu kredit.

    BalasHapus