Apa Fungsi Lubang Kecil yang Ada di Dekat Penutup RAM, SSD M.2 dan HDD di Laptop Acer E5-475G dan Acer E5-476G?

Sebenarnya sih fungsi dari lubang kecil yang ada di dekat penutup RAM, SSD M.2 dan HDD yang ada di Laptop Acer E5-475G dan Acer E5-476G? Apakah itu semacam tombol reset atau memang hanya lubang biasa saja tanpa fungsi karena hasil proses produksi case? Untuk menjawabnya sudah admin buatkan artikel khusus, yuk kita bahas sama-sama.

Apa Fungsi Lubang Kecil yang Ada di Dekat Penutup RAM, SSD M.2 dan HDD di Laptop Acer E5-475G dan Acer E5-476G?

Apa Fungsi Lubang Kecil yang Ada di Dekat Penutup RAM, SSD M.2 dan HDD di Laptop Acer E5-475G dan Acer E5-476G?
Apa Fungsi Lubang Kecil yang Ada di Dekat Penutup RAM, SSD M.2 dan HDD di Laptop Acer E5-475G dan Acer E5-476G?

Mulai saat ini sudah jarang sekali admin menemukan laptop yang memiliki design baterai bisa dilepas. Hampir semuanya sudah menggunakan baterai sistem tanam. Memang sih kelebihan menggunakan baterai sistem tanam ini akan semakin membuat laptop semakin tipis karena para produsen laptop tidak harus menanbahkan lapisan tambahan untuk baterai.

Belum lagi produsen laptop juga bisa menyesuaikan sendiri mau seperti apa serta ditaruh dimana posisi dari baterai tersebut. Dari yang admin baca-baca juga jika baterai laptop bertipe tanam alias Non-Removable memiliki kualitas yang lebih baik ketimbang Removable.

Namun terlepas dari itu kita sebagai pemilik laptop akan merasakan sendiri dampaknya, dimana ketika baterai pada laptop kita sudah turun performanya maka mau tidak mau harus melakukan penggantian ke Service Center sehingga tidak leluasa untuk membelinya sendiri di toko online maupun offline. Seperti yang admin alami pada Laptop Acer E5-475G yang mana juga menggunakan baterai sistem tanam.

Admin sempat berpikir, sebenarnya apakah nantinya berbahaya jika suatu saat nanti dilakukan upgrade komponen semisal penambahan kapasitas RAM, SSD M.2 atau malah mengganti HDD dengan SSD di laptop Acer ini? Karena itu tadi baterainya kan tidak bisa dilepas, otomatis arus listrik masih terus berjalan. Akan tetapi akhirnya terjawab memalui video yang pernah admin buatkan ini:


Di situ terlihat jika ada semacam switch, tombol atau saklar yang secara otomatis akan memutus daya dari baterai ke seluruh komponen yang ada di Laptop Acer E5-475G. jadi tidak perlu khawatir lagi apakah nantinya bahaya terjadi korsleting listrik jika mengganti atau upgrade komponen Laptop. Namun rasa penasaran admin sebenarnya belum berakhir, "Loch memang kenapa min?"

Apakah kali pernah perhatikan sebenarnya ada sebuah lubang kecil di dekat penutup RAM, SSD M.2 dan HDD? ukurannya itu kecil seperti hanya muat lubang jarum saja dan ada icon atau gambar seperti baterai diangkat. Hemm... sebenarnya apa fungsi dari lubang kecil itu ya? Apakah tombol reset?

Dari penasaran, admin langsung coba sendiri saja mumpung juga punya Laptop Acer E5-475G. Posisi laptop admin sengaja dinyalakan karena ingin melihat reaksinya setelah ditekan tombol tersebut. Jikalau itu adalah tombol reset maka habislah sudah semua data-data penting yang ada di Harddisk tapi kalau bukan gimana? Dengan menggunakan jarum jahit, admin RacikPC.com coba masukkan ke lubang tersebut dan hasilnya adalah admin merasakan seperti ada semacam tombol kecil di dalamnya.

Kalau ditekan sebentar tidak akan ada reaksi sama sekali, akan tetapi setelah admin coba tekan dan tahan tombol tersebut maka laptop Acer Ae5-475G admin langsung mati sendiri. Posisi lampu indikator juga semuanya mati termasuk lampu charging dan Power. Lalu admin coba nyalakan dan hasilnya semua data-data yang ada di laptop tersebut aman tanda ada yang hilang satupun. Dengan kata lain ini semacam tombol kedua dari autocut yang ada di balik penutup RAM, SSD M.2 dan HDD.


Yah jadi fungsi lubang kecil yang ada di dekat penutup RAM, SSD M.2 dan HDD tersebut adalah tombol pemutus daya alias soklar dan bukan tombol reset. Hal ini juga diperkuat oleh icon baterai terangkat yang ada di sampingnya.

Jadi buat kamu yang selama ini penasaran dengan fungsi sekarang sudah tahukan dan setahu admin karena design dari Laptop Acer E5-475G dan E5-476G itu sama, maka seharusnya lubang kecil ini juga ada di seri terbaru tersebut. Okey semoga artikel kali ini menjawab pertanyaan kamu tentang sebenarnya apa fungsi dari lubang kecil yang ada di samping penutup[ RAM dan SSD di Laptop Acer E5-475G. Silahkan +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin RacikPC.com

Apa Fungsi Lubang Kecil yang Ada di Dekat Penutup RAM, SSD M.2 dan HDD di Laptop Acer E5-475G dan Acer E5-476G?