Sebenarnya Berapa Sih Kapasitas RAM Ideal untuk Meracik Sebuah PC dan Laptop? 8GB, 16GB atau 32GB? Yuk Bahas Sama-Sama

Ceritanya dalam waktu dekat ini saya akan Racik PC dengan kemungkinan beberapa spesifikasi, iya beberapa karena masih cukup bingung juga untuk menentukannya. Salah satu yang membuat saya galau adalah kapasitas RAM. Yup sebenarnya berapa sih ukuran RAM yang bisa dibilang ideal untuk PC atau Laptop di tahun 2017 hingga 2018 mendatang? Soalnya harga RAM sekarang bisa dibilang mahal, belum lagi ketersediaannya yang langka. Tolong kasih pencerahan dong!

Sebenarnya Berapa Sih Kapasitas RAM Ideal untuk Meracik Sebuah PC dan Laptop? 8GB, 16GB atau 32GB? Yuk Bahas Sama-Sama

Sebenarnya Berapa Sih Kapasitas RAM Ideal untuk Meracik Sebuah PC dan Laptop? 8GB, 16GB atau 32GB? Yuk Bahas Sama-Sama
Sebenarnya Berapa Sih Kapasitas RAM Ideal untuk Meracik Sebuah PC dan Laptop? 8GB, 16GB atau 32GB? Yuk Bahas Sama-Sama

Pertanyaan menarik nih, berapa sih besaran RAM atau Random Access Memory yang ideal untuk sebuah PC atau Laptop di tahun 2017 - 2018. Kenapa admin RacikPC.com bilang menarik? Karena admin sendiri sempat memiliki pertanyaan serupa, mengingat harga RAM sekarang terbilang mahal, belum lagi ketersediaannya yang cukup langka.

Sedikit cerita, pada tahun 2010 adalah awal admin punya komputer sendiri atau lebih tepatnya Laptop sendiri yaitu Toshiba Satellite M645, di tahun itu masih banyak Laptop yang memiliki besaran RAM 1 GB hingga 2 GB. Admin sendiri termasuk orang yang beruntung karena RAM pada Laptop admin sudah menggunakan Dual channel 4 GB. Yup bisa dibilang di tahun itu atau di fakultas itu admin adalah satu-satunya mahasiswa yang punya Laptop dengan besaran RAM 4 GB.

Namun bergesernya waktu serta perkembangan teknologi yang terus melesat, RAM 4 GB sudah tidak memadai lagi. Nah tidak memadai di sini lebih kepada misalkan kamu adalah seorang Gamers atau pekerja yang butuh Multi tasking. Kalau sekedar untuk Office saja, sebenarnya RAM 4 GB masih terbilang cukup.

Hingga pada tahun 2017 tadi admin mempensiunkan Laptop Toshiba Satellite M645 dan berganti ke Laptop Acer E5-475G. Syukurnya Laptop Acer ini sudah dilengkapi dengan RAM single Channel 4 GB yang mana tersedia 1 slot kosong yang bisa kamu tambahkan 1 keping RAM 4 GG, 8GB, atau 16 GB lagi. Buat yang ingin tahu cara plus tips pasang RAM di Laptop Acer E5-475G bisa tonton video di bawah ini:


Admin RacikPC.com sendiri menambahkan 1 keping RAM DDR4 lagi dengan kapasitas 4 GB sehingga total menjadi 8 GB Dual Channel. Dalam penggunaan harian, admin sangat lancar dan tanpa menemukan masalah yang berarti ketika menggunakan RAM 8 GB ini. Diajak bermain game berat seperti GTA V, Doom, Rise of The Tomb Raider™, Batman Series juga tanpa ada kendala, apalagi kalau cuma diajak browsing dan Rendering Video juga lancar.

Hingga sekitar 7 bulan setelah membeli Laptop Acer E5-475G, admin berencana ingin meracik PC. Dengan budget pas-pasan admin coba memilih beberapa komponen yang di antaranya itu adalah RAM. Sehingga muncullah pertanyaan yang sama, berapa besaran RAM yang dibutuhkan atau setidaknya ideal serta Future Proof untuk beberapa tahun ke depan? Berdasarkan pengalaman admin meracik PC yang pernah admin post di sini, berikut adalah beberapa pertimbangan dalam menentukan besaran kapasitas RAM:

Budget
Faktor pertama adalah budget alias duit. Yah mau bagaimana pun, senafsu apapun kamu ingin membuild sebuah PC idaman, tetap saja akan kepentok dengan yang namanya budget. Pada saat meracik PC, admin punya budget maksimal di RP 2.500.000,-. Kalaupun kurang paling juga bisa nambah Rp 100.000,-. Nah opsi yang bisa admin temukan di interval harga tersebut adalah RAM dengan 2 Channel KIT 16 GB (2x8 GB).

Senarnya harga 2,5 juta untuk RAM 16 GB tersebut terbilang mahal, padahal dulu dengan RAM kapasitas sama DDR4 juga bisa dapat di bawah 2 juta, tapi mau gimana lagi pada saat admin meracik PC tersebut, harga-harga komponen dengan tinggi. Jadi mau tidak mau supaya PC tetap bisa nyala maka harus membeli konfigurasi RAM seperti itu.

Kebutuhan
Selain budget yang menjadi pertimbangan utama, ada lagi faktor yang bernama kebutuhan. Yup karena jangan asal ambil RAM saja dengan kapasitas besar tapi nyatanya kamu tidak membutuhkan RAM sebesar itu. Jadinya kan mubazir. Sebagai contoh, admin RacikPC.com adalah pengguna yang suka bermain game, Rendering, video, browsing dengan banyak TAB, dan juga kebutuhan Office.
Menurut pemikiran admin di tahun 2017 ini, setidaknya butuh RAM DDR4 dengan kapasitas 16 GB Dual Channel supaya bisa menunjang semua kebutuhan yang admin sudah sebutkan tadi. Nah buat kamu yang punya kebutuhan hampir sama seperti admin, opsi untuk RAM DDR4 16 GB Dual Channel bisa menjadi sweet spot.

Namun jika kamu adalah seorang pengguna casual, hanya bermain game saja, dipakai browsing, streaming biasa, opsi RAM 8 GB masih cukup kok. Game-game terkini juga dengan RAM 8 GB masih cukup lancar dijalankan. Apalagi buat kamu pemburu game-game lawas di Steam, Ram 8 GB masih sangat cukup pake banged.

Bagaimana dengan pengguna Office dan browsing ringan min? Ram 4 GB hingga 6 GB masih cukup kok. Apalagi tadi kan cuma dipakai untuk kebutuhan Office semisal mengetik dokumen, membuat tabel perhitungan Excel, dan presentasi PowerPoint saja. Sesekali dipakai untuk browsing dan streaming, maka opsi RAM DDR4 4 GB - 6 GB dirasa masih cukup banged.

Faktor Future Proof
Selain budget dan kebutuhan, ada lagi faktor Future Proof alias seberapa lama kapasitas RAM 16 GB ini bisa terus digunakan untuk beberapa tahun ke depan, Maksud tahan di sini adalah bukan kepada ketahanan fisik dari RAM Kit itu, namun lebih kepada apakah pada tahun depan nanti tetap bisa mengakomodir program yang sering admin gunakan.

Karena kita tahu sekarang perkembangan Hardware dan software tersebut terus melaju pesat. Sebagai contoh admin sering menggunakan Adobe Premier untuk mengedit video, dan juga bermain game Triple A macam GTA V, Rise of The Tomb Raider™, Doom, Sniper Elite 4, Naruto Sippuden 4 Ninja Storm, The Witcher 3, Nier: Automata, Batman Series dan masih banyak lagi, maka opsi 16 GB masih dirasa cukup untuk beberapa tahun ke depan.

Penting untuk mempertimbangkan soal Future Proof ini karena kalau bisa kita sebagai builder PC tidak harus keluar uang lagi karena harus repot-repot upgrade RAM lagi. Terlebih mengingat harga RAM sekarang sudah menyentuh 3 juta untuk konfigurasi RAM Kit 16 GB (2x8GB) DDR4. Maka pertimbangan soal Future Proof akan semakin sensitif.

Lumayan kan jika adalah 3 hingga 5 tahun ke depan kamu masih tetap bisa lancar menggunakan RAM berkapasitas 16 GB. Jadi misalkan nanti ada dana lebih dan teknologi RAM DDR5 sudah ada, kamu bisa dengan lompat ke DDR5 tanpa harus merasa berhutang pada PC lama.
Fitur

Hingga saat ini admin sejujurnya belum terlalu fokus soal fitur pada RAM Paling banter fitur RAM yang paling ditonjolkan saat ini adalah RGB dan juga bentuk Heat Sink. Nah jadi soal fitur ini kembali lagi ke selera masing-masing. Admin memilih RAM Geil EVO X juga karena suka dengan bentuknya plus mode RGB yang bisa disinkronisasi dengan Motherboard ASUS Aura Sync
Jika kamu adalah pengguna dari salah satu Motherboard terkenal seperti ASUS, MSI, Asrock, Gigabyte, dan Biostar. Ada baiknya juga memilih RAM RGB yang bisa disingkronisasi dengan RGB di Motherboard, sehingga lebih mudah dalam mengkustomisasi lampu RGB nya. Tapi buat kamu yang tidak suka RGB, opsi ini bisa dilewatkan.

Merek
Membahas soal merek kembali lagi ke masalah Trust atau kepercayaan. Yah, ada orang yang bilang RAM merek ini bagus, namun ada juga yang bilang bagusan merek itu. Jadi merek RAM juga bisa bersifat subjektif. Akan tetap jika kamu masih awam soal merek RAM. Ada baiknya untuk membeli RAM dari merek yang sudah sering dipakai para builder PC.

Sebagai contoh merek RAM ada ASUS, Geil, G.Skill, Team, Patriot, bisa menjadi pertimbangan. Info yang admin dapat jika G.Skill masih menjadi RAM terbaik untuk saat ini karena mampu di over clock ke 4 Ghz. Namun RAM G.Skill ini dibanderol dengan harga mahal, sedangkan untuk RAM terjangkau namun berkualitas bisa lirik Geil

Min ada merek RAM yang lebih murah lagi, bila perlu tanpa Heat Sink dan juga RGB? Ada yaitu V-Gen.. tapi kalau punya dana lebih atau bisa ditahan untuk ditabung lagi, mending sekalian ambil merek yang sudah admin sebutkan di atas tadi. Harga RAM kan tidak bisa dibilang murah, jadi ambillah sekalian yang bagus.

B-Die
Soal B-Die ini admin malah baru tahu setelah membeli RAM DDR4 16 GB dari Geil EVO X RGB. Yah karena selama ini cuma fokus pada budget, kebutuhan, fitur, dan Future Proof saja. Ternyata buat kamu yang suka over clock rom (enable fitur XMP), maka B-Die ini sangat penting.

Sejauh pengetahuan admin B-Die itu IC atau chip dan B-Die RAM terbaik saat ini diproduksi oleh Samsung. Jadi usahakan untuk membeli RAM dengan B-Die dari Samsung jika ingin bisa overclock ke 3 GHZ hingga 4 GHZ. Oh iya selain B-Die dari Samsung ada juga B-Die dari Hynix, Micron, dan lain sebagainya.

Semua B-Die sebenarnya bagus-bagus saja untuk digunakan keperluan sehari-hari namun khusus untuk over clock maka B-Die dari Samsung paling banyak diincar. Oh iya B-Die juga bukan benar-benar menjadi patokan utama untuk meng-over clock RAM tapi ada juga peran PSU, Motherboard, serta komponen lainnya.

Keempat faktor di atas yang menjadi pertimbangan admin dalam menentukan besaran kapasitas RAM di PC sekarang ini. Sehingga dengan pertimbangan tersebut admin putuskan untuk memilih konfigurasi 16 GB Dual Channel dari Geil EVO X RGB. Setiap orang pastinya punya referensi masing-masing dalam menentukan besaran kapasitas RAM karena bergantung juga dari kebutuhan masing-masing. Oh iya, usahakan untuk membeli RAM yang sudah paketan atau istilah kerennya RAM Kit. Jadi kedua RAM tersebut memiliki spesifikasi yang sama. Misalkan Kedua Slot RAM sama-sama dari G.Skill atau dari Geil. Untuk lebih lengkapnya bisa kamu baca juga artikel yang ada di sini.

Biar makin dalem bahasannya, sudah admin buatkan juga artikel ini dalam bentuk video:


Namun begitu jika kamu adalah pengguna yang punya satu tipikal seperti admin RacikPC.com, semoga saja semua tips yang sudah admin uraikan di atas bisa bermanfaat buat kamu. Oh iya jika kamu punya pengalaman atau masukan tentang memilih RAM yang tepat untuk Meracik PC silahkan tulis di kolom komentar. Silahkan dikoreksi juga jika ada yang keliru dalam penulisan ini. Dukung admin untuk +1, like dan bagikan artikel ini, siapa tahu ada yang ikut terbantu. Salam Admin RacikPC.com

Sebenarnya Berapa Sih Kapasitas RAM Ideal untuk Meracik Sebuah PC dan Laptop? 8GB, 16GB atau 32GB? Yuk Bahas Sama-Sama
  1. Gan saya mau tanya kenapa disk usage syaa 100% terus yah..? Sya pakai hdd

    BalasHapus