Folder Bergambar: Bagaimana Cara Menambahkan Gambar, Foto atau Cover ke Folder Movie? Ini Tutorialnya

Bosan dengan tampilan folder yang selalu berwarna kuning kayak spongebob itu? Apakah kamu ingin merubahnya atau menambahkan gambar/foto sehingga terlihat lebih menarik serta bisa mencerminkan isi dari folder tersebut? Semisal ditambahkan cover film dan sebagainya? Nah jika itu yang kamu cari selama ini, saat yang tepat karena admin RacikPC.com akan membagikan tutorial cara membuatnya. Silahkan disimak baik-baik.

Folder Bergambar: Bagaimana Cara Menambahkan Gambar, Foto atau Cover ke Folder Movie? Ini Tutorialnya

Folder Bergambar: Bagaimana Cara Menambahkan Gambar, Foto atau Cover ke Folder Movie? Ini Tutorialnya
Folder Bergambar: Bagaimana Cara Menambahkan Gambar, Foto atau Cover ke Folder Movie? Ini Tutorialnya

Terhitung semenjak pertama kali admin RacikPC.com menggunakan komputer bersistem operasi Windows 98 Plus, Windows 2000 ME, Windows XP, Vista, Windows 7, Windows8, Windows 8.1, hingga Windows terbaru saat ini yaitu Windows 10 dengan beberapa variannya, bentuk, design atau tampilan dari folder sebuah file selalu hampir sama saja. Paling banter yang membedakan adalah sedikit perubahan pada bentuknya. Yang paling terasa sih dari Windows XP ke Windows 7.

Namun begitu design atau tampilan dari bentuk folder masih seperti itu-itu saja alias monoton. Coba saja ya misalkan tampilan dari folder tersebut bisa dirubah sesuka hari sesuai dengan isi file nya. Misalkan nih isi dari folder tersebut Film dari Re-Zero atau Fast and Furious, maka sampul dari folder tersebut bergambar kedua film tadi. Sehingga dengan begitu kita bisa dengan mudah mencari file atau film yang kita inginkan tanpa harus repot-repot membaca judul atau nama dari folder tersebut. Jadi cukup dengan melihat gambarnya saja.

Sebenarnya sih secara default Windows sudah memberikan opsi untuk bisa merubah tampilan atau design dari folder itu yang mana juga sudah diberikan beberapa pilihan gambar folder yang bisa kamu ganti-ganti, namun masih saja monoton. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini admin RacikPC.com akan membagikan tutorial bagaimana cara merubah tampilan atau menambahkan gambar/image pada sebuah folder. Caranya sangat mudah dan admin yakin bisa langsung kamu praktikkan.

Bahan:
- Design folder polosan di sini
- Adobe Photoshop
- Koneksi Internet
- Converter PNG to ICO file di sini

Caranya:
1. Silahkan ambil file folder polosan dalam bentuk PSD di atas
2. Setelah itu siapkan gambar atau foto yang ingin kamu tambahkan ke folder tersebut. Oleh karena itu admin sarankan di atas tadi agar PC kamu sedang tersambung ke internet sehingga lebih mudah mencari referensi gambarnya. Foto bebas asalkan dalam bentuk landscape
3. Setelah itu buka file folder polosan tadi di Adobe Photoshop
4. Setelah itu buka juga gambar yang sudah kamu siapkan tadi ke Photoshop
5. Ubah dulu ukuran foto tersebut menjadi agak lebih kecil dengan cara klik pada bagian bar atau gambar > pilih image size > ubah ke ukuran terkecil
6. Setela h dirubah, lalu tarik gambar tersebut ke gambar folder kosongan tadi
7. Setelah itu kamu sesuaikan lagi ukuran dari gambar tadi dengan ukuran folder
8. Setelah sesuai, langsung klik kanan pada layer gambar (layer 2) > klik kanan. Pilih Create Clipping Mask
9. Secara otomatis nantinya gambar atau foto tadi akan berada di dalam folder
10. Setelah itu silahkan ubah warna oranye tadi dengan warna yang dominan dari gambar tersebut
11. Agar lebih mudah dipahami, sudah admin buatkan juga tutorial ini dalam bentuk video, semoga terbantu


Cara di atas memang cukup merepotkan, apalagi kalau jumlah dari folder yang ingin kamu ubah dengan gambar banyak, tapi setimpal kok dengan hasilnya. Sekarang kumpulan folder dari koleksi film kamu semakin rapih dan menarik untuk dilihat. Karena cara di atas tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga kecuali proses konvert gambar saja, maka bisa dengan bebas kamu pindah-pindahkan ke Harddisk eksternal atau Flashdisk.

Saran dari admin, ambillah gambar atau foto yang ukurannya di atas 500px supaya ketika folder tersebut diperbesar maka gambarnya tidak pecah. Selain itu sesuaikan warna yang dominan dari gambar ke foldernya. Okey sekian tutorial bagaimana cara merubah atau menambahkan gambar atau foto pada sebuah folder sehingga tampak lebih menarik, jika ada pertanyaan terkait tutorial ini silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin RacikPC.com

Folder Bergambar: Bagaimana Cara Menambahkan Gambar, Foto atau Cover ke Folder Movie? Ini Tutorialnya