Bagaimana Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan USB Flashdisk? Ini Gunakan Rufus: Dijamin Mudah!

DVD Rom Laptop kamu rusak padahal ingin install ulang Windows? Bingung bagaimana caranya? Kenapa tidak coba bikin Windows 10 Installer menggunakan USB Flashdisk saja?! Emang bisa?!! Bisa banged malah lebih mudah dan bebas macet lagi. Nah buat kamu yang ingin membuat Windows installer USB Flashdisk bisa menggunakan tool bernama Rufus. Berikut tata cara penggunaannya.

Bagaimana Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan USB Flashdisk? Ini Gunakan Rufus: Dijamin Mudah!

Bagaimana Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan USB Flashdisk? Ini Gunakan Rufus: Dijamin Mudah!
Bagaimana Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan USB Flashdisk? Ini Gunakan Rufus: Dijamin Mudah!

Saat ini penggunaan keping disc atau yang lebih dikenal dengan kaset sudah mulai ditinggalkan. Mulai dari CD, VCD, hingga DVD. Sekarang yang masih bertahan tinggal Blu-ray saja, itu pun karena Blu-ray masih dipakai sebagai media penyimpanan dari game-game Playstation 3, Playstation 4 dan XBOX One, oh iya Blu-ray juga masih dipakai pada industri film semisal film-film movies saat ini masih ada yang dijual dalam bentuk Blu-ray.

Akan tetapi sadar atau tidak kamu sadari, penjualan Media Player dadi Disc tersebut saja sudah menurun, bahkan admin sudah cukup jarang menemui rumah yang masih menggunakan DVD Player. Kalaupun ada, itu juga sisa-sisa peninggalan jaman penjajahan, hehehe.. Oleh karena itu admin dulu sempat membuatkan tutorial bagaimana cara merubah DVD Rom pada Laptop menjadi Harddisk kedua atau Harddisk tambahan dengan menggunakan HDD Caddy di sini.

"Min kalau DVD Rom nya dicabut, terus bagaimana caranya install Windows di PC dan Laptop? Belum lagi kan install Driver yang biasanya ada di DVD bawaan Motherboard atau Laptop" Ada kok gan sebenarnya caranya install Windows tanpa harus menggunakan kaset DVD, admin RacikPC.com juga sudah tidak lagi menginstall Windows menggunakan kaset, tapi langsung via USB Flashdisk. Termasuk ketika menginstall Windows 10 di Acer E5-475G yang pernah admin review di sini serta Toshiba M645 juga pakai Flashdisk install Windows nya.

Sebenarnya kalau kamu ketikkan di mesin pencarian Google, ada banyak tool yang bisa digunakan untuk membuat Windows Installer dalam bentuk USB Flashdisk. Namun dari sekian banyak tool tersebut, ada sebuah tools yang admin nilai lebih efektif, Simple serta mudah digunakan yaitu Rufus. Buat kamu yang sudah lama di dunia komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan tools ini, karena memang Rufus image USB bootable ini sangat sering digunakan.

Memang apa sih kelebihannya jika menggunakan Rufus USB Bootable? Selain tidak perlu lagi menggunakan Kaset DVD, proses instalasi Windows juga jadi lebih cepat serta terbebas dari yang namanya kaset macet sehingga membuat error proses instalasi. Nah buat kamu yang dalam waktu dekat ini ingin menginstall menginstall ulang Windows di Laptop maupun PC bisa menggunakan Tools dari Rufus ini. Cek langsung link unduhnya di sini

Cara Penggunaan:
1. Silahkan ambil aplikasi Rufus di atas, lalu klik 2x untuk menjalankannya
2. Colokkan USB Flashdisk ke PC atau laptop. Usahakan untuk flashdisk paling kecil berkapasitas 8GB. Selain itu backup terlebih dahulu semua data-data penting yang ada di dalam flashdisk tersebut karena akan hilang semuanya
3. Setelah itu siapkan file berformat .iso
4. Sekarang kita lakukan penyetingan pada aplikasi Rufus. Untuk device kamu arahkan ke flashdisk tadi. Kalau cuma 1 flashdisk yang tercolok ke PC atau Laptop, biasanya langsung diarahkan ke situ
5. Opsi Partition Scheme and Target System Type > pilih MBR partition Scheme for BIOS or UEFI
6. File System > FAT32 (Default)
7. Cluster Size 16 kilobytes (default)
8. New Volume Label > biarkan default atau kamu bisa namai sesuai keinginan
9. Pada Format options > centang semuanya kecuali check device for bad block > pilih FreeDOS
10. Load file ISO kamu dengan mengeklik icon CD ROM > arahkan tempat dimana kamu menyimpan file ISO tadi
11. Tekan tombol start memulai proses pembuatan bootable USB
12. Selesai


Oh iya, Tool Rufus USB Bootable ini tidak hanya bisa digunakan untuk membuat Windows 10 Installer saja, tapi juga bisa kamu gunakan untuk membuat installer pada Linux serta Android semisal Phonenix, Bluestacks. Bahkan juga bisa digunakan untuk membuat Bootable dari kaset DVD bawaan laptop atau Motherboard tadi. Yang penting kamu ubah dulu kaset DVD bawaan laptop tadi menjadi file .ISO kemudian gunakan Rufus di atas untuk membuat bootablenya.

Admin RacikPC.com sendiri sebenarnya lebih prepare jika mengunduh langsung Driver terbaru dari website resmi laptop maupun Motherboard. Mengingat biasanya driver terbaru hanya ada di situs resmi, dari pada driver yang ada di kaset DVD bawaan. Oleh sebab itu kaset Drive bawaan laptop biasa admin buang, hehehe. Okey sekian tutorial bagaimana cara membuat Windows installer di USB Flashdisk menggunakan Aplikasi Rufus. Tulis di kolom komentar jika ada yang kurang dipahami dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin RacikPC.com

Bagaimana Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan USB Flashdisk? Ini Gunakan Rufus: Dijamin Mudah!