Seperti Apa dan Bagaimana Cara Backup dan Restore Game Ubisoft via UPlay? Apakah Semudah Steam? Baca Tutorial Lengkapnya Berikut!

Saya baru saja membeli game di Uplay, dan kalau misalkan PC atau Laptop saya install ulang. Apakah game yang sudah diinstall harus di download ulang atau sebelum install ulang Windows ada opsi untuk membackup nya sehingga jika sudah install ulang nanti, bisa langsung restore. Soalnya saya tidak menemukan opsi backup dan restore pada Uplay. Buat yang tahu caranya tolong bantu donk!. Ada kok caranya, langsung saja baca tutorial berikut ini!

Seperti Apa dan Bagaimana Cara Backup dan Restore Game Ubisoft via UPlay? Apakah Semudah Steam? Baca Tutorial Lengkapnya Berikut!

Seperti Apa dan Bagaimana Cara Backup dan Restore Game Ubisoft via UPlay? Apakah Semudah Steam? Baca Tutorial Lengkapnya Berikut!
Seperti Apa dan Bagaimana Cara Backup dan Restore Game Ubisoft via UPlay? Apakah Semudah Steam? Baca Tutorial Lengkapnya Berikut!

Selain Steam dan Origins, sebenarnya masih ada belasan portal game atau toko game online yang menjual beragam game original dari berbagai developer besar dan Indie. Namun untuk di Indonesia sendiri 3 besar portal game adalah Steam, Origins, dan Uplay. Eitss.. apa itu Uplay?

Ya Uplay itu sebenarnya sama dengan Steam dan Origins. Namun Uplay eksklusif menjual berbagai game keren yang dibuat oleh Ubisoft (baca: Ubi Lembut). Jadi model-modelnya itu mirip dengan Origins yang menjual game-game eksklusif dari EA (Electronic Arts).

Admin RacikPC.com sendiri sebenarnya baru saja menginstall Uplay ini di PC, itu juga karena dapat game gratis Watch_Dog dari Ubisoft. Mayan kan pengincar game gratis. Nah karena baru saja menginstall Uplay maka admin coba eksplorasi fitur-fitur yang ada di Uplay, terutama pada opsi Backup dan Restore.

Sampai admin ulang dua kali pun ternyata Uplay punya sistem yang sama dengan Origins yaitu sama-sama tidak memiliki atau menyediakan opsi backup dan restore game. Sehingga muncul pertanyaan, bagaimana kalau misalkan PC atau Laptop kita yang sudah diinstall game Ubisoft via Uplay install ulang atau ingin pindah ke PC atau Laptop lain. Apakah harus install ulang juga atau punya trik sama seperti Origins Client yang pernah admin bahas di sini?

Di rumah admin sendiri tidak punya koneksi unlimited, jadi jika ingin mengunduh game dalam kapasitas besar, harus keluar mencari Wifi corner, sehingga untuk bisa menginstall game Watch_Dog ini admin harus menggunakan Laptop Acer E5-475G. Yah jadilah si Laptop yang dibawa ke Wifi Corner.

Setelah selesai unduh dan install ke Laptop barulah admin backup dan restore ke PC. Nah dari pada admin RacikPC.com simpan sendiri ilmunya, ada baiknya admin bikin saja tutorialnya dalam bentuk artikel dan juga video, siapa tahu ada newbie yang butuh atau setidaknya mengingatkan admin sendiri jikalau suatu hari nanti lupa.

Adapun Caranya sebagai berikut:

Backup:
1. Buka atau jalankan Uplay Client
2. Klik atau pilih menu yang bentuknya garis tiga di pojok kiri atas > Pilih Settings > Downloads > perhatikan "Default Game Installation Location dan juga Game Installer Cache Location
3. Nah kedua direktori tadi adalah tempat penginstallan. Jadi silahkan pergi ke direktori tersebut
4. Admin asumsikan game yang kamu install dari Uplay adalah Watch_Dog, maka jika sudah ketemu foldernya, langsung di-copy saja ke harddisk eksternal atau Disk D yang kosong

Restore:
1. Hampir sama dengan cara backup nya, namun untuk restore ini kamu tinggal pastekan saja ke folder Game Installer Cache Location
2. Setelah itu buka Client Uplay dan langsung lihat pada bagian library
3. Disitu bakal muncul kok game Watch_Dog yang sudah kamu pastekan tadi
4. Selesai
5. Apakah benar sudah selesai? Iya benar semudah itu kok

Bisa dibilang caranya backup dan restore game Ubisoft dari Uplay sama dengan Origins, namun bedanya di sini kita tidak perlu melakukan trik seperti Origins yang harus mengunduh game 1 hingga 2% dulu tapi cukup dengan meng-copy pastekan saja gamenya.

Namun begitu sebagai pengguna, kita harus mengetahui letak dari direktori penginstallan game sehingga lebih dimudahkan dalam menemukannya. Oleh karena itu di setiap penginstallan Client game seperti Steam, Origins dan Uplay seperti ini admin selalu mengarahkannya secara khusus ke direktori tertentu sehingga ke depannya nanti lebih mudah ditemukan.

Agar lebih mudah dipahami, sudah admin buatkan tutorial ini dalam bentuk video:

Berdoa saja semoga untuk update berikutnya, Uplay menambahkan fitur Backup dan Restore secara khusus sehingga proses backup dan restore bisa semudah Client Steam seperti tutorial yang pernah admin buatkan di sini.

Silahkan tulis di kolom komentar jika ada yang kurang kamu pahami terkait tutorial ini dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin RacikPC.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url