Punya Xiaomi Mi Wifi Receiver USB Doungle Tapi Tidak Bisa Digunakan? Coba Tutorial Cara Fix nya Berikut!

Bermasalah dengan Xiaomi Mi Wifi Receiver USB Doungle? Ketika dicolokkan ke komputer malah tidak bisa digunakan, belum lagi muncul tanda seru? Dari pada mubazir tidak bisa digunakan, mencoba coba tutorial cara memperbaikinya berikut ini. Based on pengalaman admin racikpc.com sendiri.

Punya Xiaomi Mi Wifi Receiver USB Doungle Tapi Tidak Mau Terhubung? Coba Tutorial Cara Fix nya Berikut!

Punya Xiaomi Mi Wifi Receiver USB Doungle Tapi Tidak Bisa Digunakan? Coba Tutorial Cara Fix nya Berikut!
Punya Xiaomi Mi Wifi Receiver USB Doungle Tapi Tidak Bisa Digunakan? Coba Tutorial Cara Fix nya Berikut!

Wifi dan perangkat elektronik saat ini seperti sebuah liontin dan kalung yang tidak bisa dipisahkan. Sehingga jika tidak ada koneksi Wifi akan sangat sulit. Semua Laptop mulai dari tahun 2010 hingga saat ini 2017 sudah dibekali dengan Wifi Receiver, namun bagaimana dengan PC?

Hem.. ada sih yang sudah include Wifi Receiver dari Motherboard nya, tapi tidak semua vendor memberinya. Jadi mau tidak mau kita sebagai pengguna Desktop PC harus membeli Wifi Receiver terpisah. Dipasaran sendiri sebenarnya ada banyak macam dari Wifi Receiver. Mulai dari yang bentuk PCI Express hingga yang berukuran kecil yaitu USB Doungle.

Pada artikel sebelumnya admin sudah pernah mereview sebuah Wifi Receiver berbentuk USB Doungle dari Xiaomi yaitu Mi Wifi USB Router. Jika kamu tertarik bisa lihat review lengkapnya di sini. Dari segi performa sebenarnya tidak ada yang bermasalah dari Xiaomi Mi Wifi Receiver USB Doungle ini, namun jika kita install driver yang diberikan, mendadak jadi tidak bisa terhubung ke jaringan Wifi yang ada di rumah.

Awalnya admin RacikPC.com juga beranggapan jika masalah ini berasal dari driver USB yang diberikan, namun setelah diuninstall serta direstart ulang pun sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda si Mi Wifi Receiver bisa terhubung kembali. Bahkan sudah admin coba uninstall menggunakan Revo Uninstaller PRO pun masih saja seperti itu. Sudah coba masuk ke troubleshooting di Windows pun malah masalahnya semakin menjadi.

Ya, Xiaomi Mi Wifi Receiver ini malah tidak terdeteksi di device manager. Hal ini ditandai dengan munculnya tanda seru. Rasanya admin sudah putus asa dan ingin membeli Wifi Receiver merek lain, namun rupanya perjuangan admin membuahkan hasil. Admin Berhasil menghubungkan kembali Xiaomi Mi Wifi ini dengan trik yang ternyata sangat mudah.. haha.. dasar newbie.. kalau ga bejo ya. Bejo.. haha..

Oleh karena itu admin akan coba bagikan pengalaman ini dalam bentuk tutorial, siapa tahu ada di antara kamu yang punya masalah seperti ini.
1. Uninstall semua aplikasi dan juga driver Xiaomi Mi Wifi yang sudah terinstall sebelumnya
2. Admin sarankan untuk menggunakan uninstaller pihak ketiga semisal Revo uninstaller pro supaya file-file sampah sisa dari driver Mi Wifi benar-benar hilang
3. Setelah itu cabut Mi Wifi USB Doungle tadi lalu sambungkan kembali
4. Setelah itu masuk Network and Internet Setting > lalu pilih Networks reset
5. Setelah itu lakukan reset pada neworknya
6. Harusnya setelah di reset maka Xiaomi Mi Wifi kamu bakal terdeteksi dan bisa digunakan kembali
7. Agar lebih mudah dipahami, sudah admin buatkan tutorialnya dalam bentuk video:


Kelemahan dari cara ini adalah kamu tidak bisa menggunakan fitur direct transfer file yang ada di Xiaomi Mi Wifi, namun begitu fungsi dasar dari sebuah Wifi Receiver sudah bisa digunakan lancar tanpa kendala.

Sekain tutorial cara mengatasi Xiaomi Mi Wifi Receiver USB Doungle, Jika ada yang kurang dipahami silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat, bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Salam admin racikpc.com

Punya Xiaomi Mi Wifi Receiver USB Doungle Tapi Tidak Bisa Digunakan? Coba Tutorial Cara Fix nya Berikut!