Kamu Sering Disuruh Revisi Gegara Banyak Typo Ketika Ngetik Skripsi? Praktekkan Tips Auto Correction Berikut Ini

Sering dimarahi dosen pembimbing, kertas dan tinta print habis gegara setiap kali bimbingan skripsi minta revisi? Padahal sebelum diprint sudah di teliti satu persatu kata, beserta tanda baca dan juga margin, tapi kenapa masih saja ada typo?! Nah jika itu yang sedang kamu alami sebagai mahasiswa tingkat akhir, segera praktekkan tutorial anti typo berikut ini. Based on pengalaman admin RacikPC.com

Kamu Sering Disuruh Revisi Gegara Banyak Typo Ketika Ngetik Skripsi? Praktekkan Tips Auto Correction Berikut Ini

Kamu Sering Disuruh Revisi Gegara Banyak Typo Ketika Ngetik Skripsi? Praktekkan Tips Auto Correction Berikut Ini
Kamu Sering Disuruh Revisi Gegara Banyak Typo Ketika Ngetik Skripsi? Praktekkan Tips Auto Correction Berikut Ini

Nulis tutorial kali ini jadi senyum-senyum sendiri (syukur kondisi ga ada orang jadi ga disangka gila, hahaha) karena teringat masa-masa kuliah. Yah masa-masa indah namun tak ingin diulang kembali. Masa dimana kita bisa kumpul bareng teman teman sekelas, sejurusan dan sefakultas, bisa ngumpul dengan teman setongkrongan, bisa juga dengan teman seperjuangan skripsi juga apalagi kalau gebetan ikut ngumpul, beeeuuhh rasanya seharian bisa selesai tuh skripsi bab 1 sampai bab 5 (bab nya saja hahaha).

Tapi semua itu tidak akan ingin diulang kalau ingat skripsi, yah, tantangan yang satu ini pasti akan dialami oleh semua mahasiswa yang mau mengambil gelar strata 1 dan tugas akhir untuk diploma 3. Saban hari bimbingan dengan dosen pembimbing, pasti selalu ada coretan revisi. Padahal sebelum di print sudah diplototin benar-benar jika tidak ada satupun kata yang salah ketik, tapi kayaknya mata dosen lebih jeli dari scanner Epson, haha..

Oleh karena itu tidak heran jika mahasiswa tingkat yang sedang menyelesaikan tugas skripsi di gadang-gadang sebagai penyebab dari berkurangnya jumlah pohon yang ada di hutan akibat ditebangi guna membuat kertas. So tiadakan skripsi, langsung lulus saja, haha.. eitss.. pasti pada gembira nih para mahasiswa legend yang baca artikel ini, hehehe..

Supaya mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skrip bisa lebih hemat kertas dan juga tidak melulu dimarahi dosen karena seling typo ngetiknya. Admin akan bagikan senjata yang selama ini admin gunakan sendiri guna mengatasi salah ketik alias typo pada skripsi. Selain itu kamu juga tidak bisa terhindar dari omelan dosen pembimbing serta bisa cepat sidang.

Cara yang perlu kamu lakukan pada saat selesai mengetik skripsi adalah jangan buru-buru di print, tapi perhatikan dulu setiap kata mulai dari typo atau tidak, tanda baca, imbuhan (bedakan yang hanya imbuhan biasa dan imbuhan yang merujuk pada tempat semisal di- dan ke-), kosa kata, baku atau tidak kata atau kalimat yang digunakan, dan lain sebagainya. Pokoknya sesuatu yang bisa membuat dosen pembimbing mencoret skripsi kamu.

Nah jika itu dirasa kurang efektif karena harus dilakukan secara manual, belum lagi jumlah halaman yang akan dikoreksi banyak plus bikin jenuh nan bosan. Tenang kok, masih ada satu otomatisnya alias super cepat yang dengan menggunakan sebuah tools bawaan dari Microsoft Office. Dalam prakteknya admin menggunakan MS Office 2007:
1. Ambil Language Pack Bahasa Indonesia yang ada di sini
2. Lalu install seperti biasa di komputer kamu
3. Pastikan sebelumnya sudah terpasang Microsoft Office 2007
4. Setelah itu siapkan file dokumen yang akan kamu koreksi di MS Office 2007
5. Sorot atau blok semua text yang ada di lembar kerja dengan cara letakkan kursor di lembar kerja lalu tekan Cntrl + A atau kamu bisa menyorotnya langsung menggunakan mouse
6.Setelah itu perhatikan bar bagian bawah yang ada tulisan English. Nah kamu rumah menjadi Indonesia dengan cara klik english tersebut lalu pilih Indonesia
7. Setelah itu pergi ke tab review lalu pilih Spelling & Grammar
8. Nanti akan muncul jendela pop up Spelling & Grammar
9. Nah di situ akan diberikan opsi untuk melakukan pengecekan manual setiap kata atau otomatis
10. Kalau admin cek perkata manual
11. Kamu juga bisa menambahkan kata yang belum termasuk dalam kamus Language Pack tadi
12. Agar lebih mudah dipahami, sudah admin RacikPC.com buatkan juga videonya:


Oh iya manual di sini, bukan berati benar-benar manual, namun MS Word dan Language Pack tadi hanya akan menyoroti kata yang dianggap belum baku atau kata yang belum ada di dalam kamus mereka. Dengan demikian kamu hanya tinggal menekan tombol "change" atau "Ignore one".

Selain change, kamu juga melakukan auto correct pada lembar kerja yang sudah kamu sorot tadi. Namun admin lebih menyarankan untuk ngeceknya secara manual (semi manual) agar bisa lebih menentukan mana yang benar kata dan aman imbuhan tadi. Tahu sendiri lah mata dosen itu tajem pake banged hahaha..

Selama admin menggunakan cara auto correction ketika kuliah dulu, admin terbebas dari yang namanya Typo tulisan. Sehingga mempercepat proses skripsi dan juga sidang. Sedikit cerita ketika admin ingin mendaftar skripsi., itu dosen pembimbing benar-benar super mengecek tulisan admin, dibolak-balik sampai beberapa kali tapi beliau menyerah tak berhasil satupun menemukan kesalahan dalam penulisan skrip. Walhasil langsung dapat tanda tangan buat lanjut sidang.

Nah semoga trik dan pengalaman admin agar bebas terhindar dari typo ketika mengerjakan skripsi ini bisa bermanfaat buat kamu. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Kamu Sering Disuruh Revisi Gegara Banyak Typo Ketika Ngetik Skripsi? Praktekkan Tips Auto Correction Berikut Ini