Cara Menghilangkan Mantan eh.. Windows.old Secara Permanen: Dijamin Kenangan Masa Lalu Ga Akan Balik Lagi

Setelah proses instalasi Windows selesai, malah muncul folder misterius bernama Windows.old di Disk C kamu? Padahal sebelumnya tidak pernah ada? Isinya juga tidak main-main karena mirip isi dari System Windows yang ada di Disk C? Apa sebenarnya Fungsi dari Windows.old dan apakah aman misalkan dihapus? Serta bagaimana cara menghapusnya secara permanen? Kalau bisa tolong kasih videonya juga (anjay banyak banged maunya..) Okey langsung meluncur saja ke TeKaPe!

Cara Menghilangkan Mantan eh.. Windows.old Secara Permanen: Dijamin Kenangan Masa Lalu Ga Akan Balik Lagi

Cara Menghilangkan Mantan eh.. Windows.old Secara Permanen: Dijamin Kenangan Masa Lalu Ga Akan Balik Lagi
Cara Menghilangkan Mantan eh.. Windows.old Secara Permanen: Dijamin Kenangan Masa Lalu Ga Akan Balik Lagi

Bahasan soal cara menghapus Windows Old sendiri sebenarnya sudah cukup banyak yang membuatnya di Google. Tapi untuk yang satu ini admin bikin spesial karena nantinya akan dibuat juga dalam bentuk video, sehingga buat kamu para newbie a.k.a pemula seperti Admin RacikPC.com bisa dengan mudah mempraktekkannya. Jadi tidak perlu lagi tuh harus gedor kamar kosan sebelah kalau cuma ingin menghapus Windows.old (lah iya kalau yang di gedor kamar kosan cewek, kalau sama-sama cowok kan bahaya.. entah naksir lagi hahaha)

Buat kamu yang sering install ulang Windows baik pada Laptop maupun PC, pasti cukup sering melihat sebuah folder di Disk C bernama Windows.old nah apa sih sebenarnya Windows Old tersebut dan kenapa sampai ada? padahal sebelum diinstall ulang tidak ada folder Windows Old tersebut di Disk C? Mana besar kapasitas yang digunakannya pun cukup besar, ada kali seukuran flashdisk 16 GB. Kan lumayan kalau buat nyimpen JAV bahan kuliah.

Sama admin RacikPC.com sebelum ngerti dan dari mana datangnya Windows.old tersebut juga bingung. terlebih cara menghapusnya gimana. Mengingat tulisannya juga hampir sama dengan folder Windows yang ada di Disk C. yah salah-salah bisa bikin komputer tidak mau nyala lagi. Setidaknya itulah yang ada di benak admin pada saat itu yang belum begitu ngerti soal komputer.

Namun setelah baca-baca beberapa artikel yang ada di mbah Google barulah paham kalau sebenarnya Folder Windows.old tersebut berasal dari hasil instalasi Windows lama kita yang mungkin oleh Papa Bill Gates dibuat supaya misalkan kita menyimpan suatu file atau instalasi penting bisa dengan mudah dibackup atau diamankan. Yah siapa tahukan lupa membackup dan keburu install ulang. Nah di folder Windows.old ini kamu bisa mengambilnya lagi.

Namun memang jika tidak ada yang perlu kamu backup, tentu folder Windows.old ini akan menjadi beban, mengingat besaran kapasitas harddisk yang digunakannya. Oleh sebab itu kita sebagai pengguna awam dibikin jengah dan ingin segera menghapusnya.

Berikut akan admin bagikan bagaimana cara menghapus Folder Windows.old secara permanen:
1. Buka Windows Explorer pada Laptop atau PC kamu
2. Klik kanan pada Disk C
3. Lalu pilih properties
4. Kemudian pilih opsi Disk Clean-up
5. Nanti secara otomatis akan menscan file-file sampah termasuk previous Windows installer
6. Lalu pilih opsi lagi Clean system files
7. Kemudian centang Previous Windows Installation (s)
8. Dan proses penghapusan akan berjalan
9. Tunggu saja hingga selesai
10. Selamat ruang penyimpanan Disk C kamu semakin lega dan folder Windows.old tersebut tidak akan pernah muncul lagi hingga mantanmu nikah dengan orang lain hahaha
11. Seperti janji admin di awal tadi, sudah admin buatkan tutorial ini dalam bentuk video, silahkan ditonton buat yang punya kuota berlimpah


Cara ini sangat berguna sekali apalagi buat kamu yang sudah menggunakan SSD atau SSD M.2 yang mana besaran kapasitasnya kecil banged. Contohnya admin yang menggunakan SSD M.2 dari Western Digital tipe Green yang mana cuma punya kapasitas 120GB. Space 16 GB kan cukup lumayan untuk SSD M.2 seukuran gitu. Oh iya buat kamu yang ingin tahu cara pasang SSD M.2 yang baik dan benar di Laptop bisa kunjungi artikel plus videonya di sini (Tested di Acer E5-475G dan E5-476G).

Min apakah folder tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja dari Windows kita? Tenang kok, folder Windows.old itu tidak ada sangkut pautnya lagi dengan System Windows kita sekarang. Anggap saja itu kayak kenangan lama dari sang mantan yang perlu dan wajib kita berangus guna membuka lembaran baru dengan si dia yang siap menerima kita apa adanya bersama cinta.

Oh iya, cara ini sudah admin praktekkan sendiri pada Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 hingga Windows 10 Pro dan kesemuanya berhasil tanpa ada kendala. Okey sekian tutorial cara menghapus folder Windows.old secara permanen di Laptop dan PC, jika ada yang kurang dipahami silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin RacikPC.com

Cara Menghilangkan Mantan eh.. Windows.old Secara Permanen: Dijamin Kenangan Masa Lalu Ga Akan Balik Lagi