Bingung Tidak Ada Opsi Backup dan Restore Di Origins Client Seperti Steam? Lantas Bagaimana Caranya? Simak Tutorial Lengkapnya Berikut Ini!

Bagaimana cara membackup dan merestore game-game dari Origins ya yang sudah terlanjur diinstall di PC? Soalnya tidak ada opsi atau menu khusus untuk backup dan restore game seperti yang ada pada Steam? Apa harus download ulang atau memang tidak bisa dipindahkan? Tolong dong admin atau siapapun yang tahu bagaimana cara backup dan restore game-game Origins!? Ada kok caranya, tenang saja. Silahkan baca baik-baik tutorialnya berikut ini

Bingung Tidak Ada Opsi Backup dan Restore Di Origins Client Seperti Steam? Lantas Bagaimana Caranya? Simak Tutorial Lengkapnya Berikut Ini!

Bingung Tidak Ada opsi Backup dan Restore Di Origins Client Seperti Steam? Lantas Bagaimana Caranya? Simak Tutorial Lengkapnya Berikut Ini!
Bingung Tidak Ada opsi Backup dan Restore Di Origins Client Seperti Steam? Lantas Bagaimana Caranya? Simak Tutorial Lengkapnya Berikut Ini!

Setelah sebelumnya admin RacikPC.com pernah membahas cara backup dan restore game Steam yang sudah diinstall pada PC di sini, sekarang gilirannya cara backup dan restore game yang sudah kamu beli di Client Origins lalu kamu install di PC. Buat yang belum tahu Origins itu apa, Origins adalah sejenis dengan Steam alias toko game online juga. Namun Origins agak berbeda karena game yang dijual di Origins tersebut kebanyakan adalah game-game yang dibuat oleh EA (Electronic Arts) sendiri, namun sekarang sudah cukup banyak juga game non EA seperti Ubisoft yang juga ikut dijual di Origins.

Apakah game di Origins sebanyak game-game yang ada di Steam? Jelas tidak! Jumlah game yang ada di Origins sangat sedikit, dan kalau dibandingkan dengan Game yang ada di Steam pasti kalah jumlah. Namun begitu game-game yang ada dijual EA di Origins kebanyakan adalah game-game AAA (baca: Triple A). Cara membeli game di Origins juga lebih sulit dari pada membeli game di Steam. Karena Origins tidak memberikan opsi Wallet seperti yang ada pada Steam, sehingga kita Gamers dari Indonesia akan sangat merasa kesulitan karena membeli game di Origins harus menggunakan kartu kredit atau Paypal.

Kalau tadi membahas tentang sulitnya membeli game di Origins, ternyata backup dan restore game di Client EA pun sama sulitnya. Yup terutama untuk pada newbie yang baru saja menginstall Client Origins di PC. Yah tidak seperti Steam Client yang benar-benar memberikan opsi atau menu khusus untuk membackup dan merestore game-game mereka yang sudah diinstall di PC. Beda cerita dengan Origins yang sama sekali tidak ada opsi untuk backup dan restore game. Sehingga kita sebagai gamers harus membackup dan merestore game tersebut secara manual.

Oleh karena itu admin RacikPC.com akan membagikan bagaimana cara membackup dan merestore game-game Origins yang sudah diinstall di PC. Adapun yang perlu kamu persiapkan sebagai berikut:

Backup:
1. Perhatikan baik-baik dimana letak file instalasi dari game-game Origins. Secara default instalasi game dari Origins tersebut ada di direktori C:\Program Files (x86)\ atau C:\Program Files (x86)\Origin Games. Lokasi instalasi game bisa jadi berbeda, tergantung kamu men-settingnya dimana. Kau tidak ketemu, coba bukan Client Origins > Origins > Application Settings > Install & Saves
2. Jika sudah ketemu direktori filenya, cari game yang kamu maksud lalu copy. contohnya game Need for Speed, nah kamu langsung copy saja keseluruhan dari folder bernama "Need for Speed" tersebut ke Harddisk eksternal atau harddisk kosong
3. Setelah proses salin selesai, berarti proses backup game Origins pun telah usai

Restore:
1. Pastikan PC kamu sedang tersambung ke Internet, lebih bagus lagi jika koneksi sedang stabil dan kencang
2. Buka Origins Client lalu buka library > Download game yang ingin kamu restore, misalkan game Need for Speed.
3. Nah setelah terdownload 0,1% atau lebih misalkan 2%. Kamu segera pause atau hentikan sementara proses unduh tersebut
4. Kemudian masuk ke direktori tempat dimana game Need for Speed tadi diinstall
5. Hapus file unduhannya lalu gantikan dengan folder beserta isi dari game Need for Speed yang sudah kamu backup sebelumnya
6. Apabila proses paste selesai, jalankan lagi unduhan game Origins yang sempat kamu pause tadi
7. Maka secara otomatis unduhan game tersebut akan selesai dan paling banter adalah proses verifikasi atau mungkin mengunduh patch tambahan


Salah satu kelemahan dari cara backup dan restore data game Origins ada kita akan menggunakan sebagian dari kuota internet untuk mengunduh sedikit file instalasi dari server Origins. Buat pengguna Wifi rumahan sih memang tidak jadi masalah, tapi akan jadi masalah jika internet di rumah mu masih menggunakan kartu GSM yang mana kuota internetnya mahal.

Selain itu terkesan tidak praktis tadi karena kita harus masuk ke direktori tempat penginstalan game Originsnya. Bagi yang belum begitu paham seluk beluk system instalasi program akan lebih susah lagi. Oleh karena itu admin nantinya akan membuatkan video khusus tentang cara backup dan restore game Origins sepeti ini jadi lebih mudah dipahami dari sekedar tulisan. Okey jika kamu merasa tutorial ini bermanfaat silahkan tulis di kolom komentar, dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Salam admin RacikPC.com

Bingung Tidak Ada Opsi Backup dan Restore Di Origins Client Seperti Steam? Lantas Bagaimana Caranya? Simak Tutorial Lengkapnya Berikut Ini!