Bingung Disuruh Dosen Memendekkan Ukuran Garis Footnote? Coba Cara Otomatis yang Sangat Mudah Ini!

Siapa di antara kamu wahai mahasiswa yang dosen pembimbingnya minta dipendekin ukuran garis Footnote nya tapi kamu sendiri malah tidak tahu caranya sehingga harus merubah ukuran tersebut secara manual dengan cara menutupnya pakai kertas? Well.. well..well. Tinggalkan cara primitif tersebut dan coba cara super mudah berikut ini!

Bingung Disuruh Dosen Memendekkan Ukuran Garis Footnote? Coba Cara Otomatis yang Sangat Mudah Ini!

Bingung Disuruh Dosen Memendekkan Ukuran Garis Footnote? Coba Cara Otomatis yang Sangat Mudah Ini!
Bingung Disuruh Dosen Memendekkan Ukuran Garis Footnote? Coba Cara Otomatis yang Sangat Mudah Ini!

Apakah mungkin cuma admin RacikPC.com saja yang mengalami nasib seperti ini? Yah jadi keinget dulu pas masih jaman-jamannya skripsi. Ada sebuah standar yang cuma diterapkan oleh salah satu dosen pembimbing admin. Standar tersebut adalah panjang garis Footnote setidaknya maksimal 40%. Admin menyebutkan 40% ini karena sudah tidak terlalu ingat secara jelas lagi berapa sentimeter ukurannya. (baca juga cara anti Typo ketika mengetik skripsi pada Microsoft Office di sini)

Secara default sebenarnya Microsoft Word sudah memberikan ukuran garis Footnote kira-kira 7cm. Panjang garis juga sudah diterima banyak kalangan. Namun mungkin karena suatu alasan estetika. Namun ada beberapa orang yang lebih menyukai jika ukuran dari panjang garis pada Footnote (baca: separator Footnote) dibuat lebih pendek. Hem.. selain estetika, admin RacikPC.com sendiri sebenarnya belum menemui alasan lain.

Tahukah kamu?! yang ternyata standar memendekkan ukuran garis Footnote tersebut justru admin rasakan sendiri ketika pada saat dulu mengerjakan skripsi. Banyak dari mahasiswa bimbingan yang satu pembimbing dengan admin mengeluhkan jika mereka bingung diminta dosen pembimbing untuk mengecilkan ukuran dari garis Footnote. Karena pada dasarnya panjang garis Footnote tersebut tidak bisa dirubah dan sudah menjadi ukuran default dari Microsoft Office.

Karena ketidak tahuan itu juga, beberapa dari mahasiswa yang ikut bimbingan tersebut menerima saran dosen untuk menutup sebagian garis Footnote dengan kertas tempel ketika nanti setelah di print out. Nah hasil yang sudah ditempel tadi itu di foto copy. Hemm.. kedengarannya simpel ya? Tapi cara ini tidak efektif dan yang pasti sangat-sangat menguras kantong. Tahu sendirilah keuangan mahasiswa itu kan kayak gimana, kebanyakan mengandalkan kiriman dari orang tua di kampung halaman.

Oleh karena itu admin bersikeras untuk tidak menggunakan cara demikian, sehingga harus putar otak mencari cara lain yang lebih mudah nan efisien. Adapun mengubah atau memendekkan garis Footnote sebagai berikut:

1. Siapkan text atau skripsi yang akan kamu potong Footnote nya
2. Di sini admin menggunakan Microsoft Word 2007, dan harusnya tidak jauh berbeda ketika diterapkan atau dipraktekkan pada Ms. Office 2010, 2013, dan 2016
3. Klik tab view > lalu pilih draft. Secara otomatis lembar kerja tadi akan berubah ke mode draft dan Footnote akan menghilang
4. Pilih tab references > show notes. Nanti akan muncul opsi baru di bagian bawah draft
5. Klik menu drop down lalu gulir ke bawah kemudian cari Footnote Separator
6. Nanti akan muncul sebuah garis. Nah itu dia garis atau separator dari Footnote yang akan kita ubah ukurannya
7. Hapus Footnote separator tadi dengan cara letakkan kursor mouse di ujung garis Footnote > lalu tekan delete atau backspace pada keyboard
8. Setelah itu kembali ke tab Home >klik icon yang biasa tempat membuat tabel > pilih horizontal line
9. Secara otomatis akan muncul garis yang menggantikan Footnote
10. Sesuaikan ukuran dari garis Footnote
11. Klik 2x untuk menyesuaikan warna dari abu-abu ke hitam
12. Jika sudah ubah kembali dari mode draft ke print layout
13. Selesai
14. Supaya lebih mudah dipahami, sudah admin buatkan dalam bentuk video di bawah ini:


Syukur Alhamdulillah dengan cara ini cukup banyak mahasiswa yang satu bimbingan dengan admin ikut terbantu dan tidak perlu harus menutup garis Footnote tersebut secara manual. Sayangnya selepas admin lulus, banyak adik tingkat yang tidak tahu. Nah dari pada satu-persatu mereka bertanya ke admin RacikPC.com, lebih baik admin buatkan satu artikel khusus tentang bagaimana cara merubah atau memendekkan ukuran garis Footnote pada Microsoft Word.

So jika kamu tahu atau kenal dengan admin serta dan juga sedang membaca artikel ini, admin ucapkan Assalamualaikum.. Okey sekian tutorial kali ini, Tulis di kolom komentar jika ada yang kurang kamu pahami atau misalkan kamu punya cara lain yang lebih mudah juga silakan tulis di kolom komentar. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Bingung Disuruh Dosen Memendekkan Ukuran Garis Footnote? Coba Cara Otomatis yang Sangat Mudah Ini!