Begini Caranya Backup dan Restore Pengaturan Browser Google Chrome dan Mozilla Firefox: Dijamin Super Mudah!

Dalam waktu dekat ini kamu berencana ingin menginstall ulang Windows di komputer? Entah itu kebutuhan update atau ingin fresh install saja, tapi bingung karena segala pengaturan bookmark, histori serta tema yang ada di browser chrome dan Mozilla kamu sudah terlalu banyak? Nih admin RacikPC.com kasih tutorial bagaimana cara membackup dan merestore semua pengaturan yang ada di browser Chrome dan Mozilla. Simak berikut!

Begini Caranya Backup dan Restore Pengaturan Browser Google Chrome dan Mozilla Firefox: Dijamin Super Mudah!

Begini Caranya Backup dan Restore Pengaturan Browser Google Chrome dan Mozilla Firefox: Dijamin Super Mudah!
Begini Caranya Backup dan Restore Pengaturan Browser Google Chrome dan Mozilla Firefox: Dijamin Super Mudah!

Dijaman sekarang hampir semua orang yang tinggal di planet bumi ini termasuk saya dan juga kamu yang sedang membaca artikel ini pasti sudah tidak bisa lepas lagi dari yang namanya browser dan internet. Saking ketergantungannya dengan browser ini tak jarang orang menginstall lebih dari satu browser. Contohnya saja saya menginstall browser chrome dan Mozilla di komputer.

Guna menunjang kenyamanan, kerap kali juga kita mengkustomisasi sedemikian rupa browser tersebut agar semakin nyaman digunakan. Mulai dari merubah tampilannya, menginstall berbagai ekstensi atau pengaya hingga menginstall script. Tujuannya pasti tidak lain adalah untuk membuat nyaman si pengguna browser.

Namun apa jadinya jika pada suatu saat nanti kamu dihadapkan pada error dan juga install ulang Windows? Yah mau tidak mau pasti harus merelakan semua pengaturan yang sudah kamu buat sedemikian rupa untung hilang tertelan Windows baru. Kemudian memulai dari awal lagi serta menyita banyak waktu kamu untuk menginstall semua ekstensi, tema, script dan lain sebagainya agar bisa setidaknya sama seperti pengaturan browser lama kamu.

Pernahkah kamu kepikiran untuk membackup browser tersebut? "Lah memang bisa dibackup?" Jelas bisa dan sudah sering penulis praktekkan cara ini. Walhasil mau berapa kali pun install ulang maka semua pengaturan, tema, ekstensi atau mengaya dan juga script yang pernah diinstal akan kembali muncul seperti sebelum diinstal ulang.

Caranya juga terbilang sangat mudah, yang wajib kamu perlukan adalah komputer milik sendiri dan juga hak administrator. Lah iya masak komputer orang mau dijarah datanya, hahaha.. Caranya sebagai berikut:
1. Tutup dulu semua browser baik itu Google Chrome maupun Mozilla
2. Masuk ke Windows Explorer > view >options > view > show hidden files
3. Masuk ke direktori C:\Users\RacikPC.com\AppData\Local\Google\Chrome\User Data
4. Nama "RacikPC.com" sendiri kamu sesuaikan dengan nama dari user PC
5. Salin atau pindahkan semua data yang ada di dalam folder User Data tadi ke eksternal Harddisk atau flashdisk
6. Silahkan install ulang Windows kamu

Nah jika ingin merestorenya, ulangi seperti langkah di atas tadi kemudian pastekan semua data dari chrome lama ke dalam direktori C:\Users\RacikPC.com\AppData\Local\Google\Chrome\User Data

Min, bagaimana dengan Browser Mozilla? Sebenarnya hampir sama dengan cara backup data Browser Chrome tadi tapi cuma beda sedikit saja letak direktorinya yaitu:
1. Masuk ke C:\Users\RacikPC.com\AppData\Local\Mozilla\Firefox\Profiles
2. Nanti di dalam folder Profile akan ada sebuah folder dengan nama kombinasi huruf dan angka serta di akhir tulisan default
3. Tugas kamu adalah menyalin atau membackup data yang ada di dalam folder tersebut ke flashdisk atau harddisk eksternal
4. Jika ingin merestore data kembali, silakan install Mozilla Firefox, lalu buka sebentar dengan tujuan agar si Mozilla membuat profile, setelah itu tutup
5. Buka direktori C:\Users\RacikPC.com\AppData\Local\Mozilla\Firefox\Profiles lalu pindahkan semua isi dari file yang ada di folder profile lama ke folder profile baru

Seperti yang sudah admin singgung di atas tadi, dengan menggunakan cara maka semua data yang pernah terekam dalam browser akan ikut tersimpan di dalam hasil backupanmu tadi, baik itu ekstensi atau pengaya, tema, script, pengaturan, bahkan password dan bookmark serta riwayat penelusuran.


Oleh karena itu data backup tersebut sangat bersifat sensitif. Jadi upayakan untuk meyimpannya juga secara hati-hati agar tidak jatuh ke tangan orang lain. Kan bisa bahaya jika semua password dicuri orang. So pergunakanlah dengan hati-hati dan bijak tutorial ini.

Sekian tutorial cara membackup dan merestore data browser chrome dan Mozilla di Windows. Saya prakteknya di Windows 10 Pro dan pastinya juga berfungsi pada Windows versi lain baik itu Windows 7, Windows 8, Windows 8.1. Tulis di kolom komentar jika ada yang kurang kamu pahami. Jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Begini Caranya Backup dan Restore Pengaturan Browser Google Chrome dan Mozilla Firefox: Dijamin Super Mudah!